Gianyar (Antara Bali) - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra secara berkesinambungan memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta daerah itu dalam lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat Provinsi Bali.

Selain itu juga memberikan bantuan sejumlah dana untuk dapat digunakan sebagai persiapan dalam mengikuti lomba, dengan harapan Gianyar mampu meraih prestasi yang terbaik, kata Ketua YKI Cabang Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra ketika menyerahkan bantuan kepada SDN 6 Saba Blahbatuh dan SMKN 2 Sukawati, Kamis.

Ia mengatakan, siswa kedua sekolah tersebut yang akan mewakili Kabupaten Gianyar ke tingkat Provinsi Bali harus bekerja ekstra menghadapi penilaian yang akan dilaksanakan 27 Oktober 2016.

"Jangan menargetkan terlalu tinggi, tapi berusaha menampilkan yang terbaik pasti hasil yang didapat akan maksimal," harap NY. Adnyani Mahayastra.

Di depan anak-anak SDN 6 Saba Blahbatuh, Ny. Adnyani Mahayastra juga mengingatkan agar mereka jangan semangat saat menghadapi lomba saja. Namun apa yang didapat agar tetap diingat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hidup sehat itu sangat mudah dan tidak sulit, namun begitu sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itulah, dalam setiap sosialisasi dan pembinaan ke sekolah-sekolah dirinya bersama Tim YKI cabang Gianyar, untuk mengingatkan agar para siswa memulai hidup sehat sejak dini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 6 Saba Blahbatuh, I Wayan Kariasa S.Ag mengucapkan terimaksih atas bantuan dan pembinaan yang diberikan Tim YKI cabang Gianyar.

Menurut Wayan Kariasa, selain materi yang diberikan saat pembinaan, pihaknya juga telah membiasa para siswa di SDN 6 Saba untuk selalu menerapkan hidup sehat di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Salah satu yang sederhana adalah masalah kebersihan lingkungan, tong sampah ada di setiap kelas dan sudut sekolah. Makanan yang dijual di kantin selalu dipantau agar selalu bersih dan sehat.

Selain itu juga tersedia ruang usaha kesehatan sekolah (UKS) yang dapat memberikan bantuan pertolongan pertama bagi siswa di sekolah.

Di Kabupaten Gianyar, Bali tercatat 144 penderita kanker yang menunjukkan adanya peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga perlu mendapat perhatian dan penanganan dari semua pihak.

Penderita kanker tersebut terdiri atas kanker payudara 45 penderita, kanker hati 40 orang, kanker leher Rahim 25 orang, kanker paru -paru 22 orang dan kanker lambung 12 orang. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016