Denpasar (Antara Bali) - Maskapai penerbangan yang bergabung dengan SkyTeam, yakni sebuah aliansi penerbangan global akan banyak mendapat keuntungan dalam pelayanan jasa kepada konsumen.

"Maskapai penerbangan yang tergabung dalam aliansi kami akan banyak mendapat keuntungan, terutama dalam bertukar informasi antarmaskapai, maupun di bidang pelayanan lainnya," kata Chief Executive Officer (CEO) SkyTeam Perry Cantarutti, di sela acara "SkyTeam Supervisory Board Meeting 2016" di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Ia mengatakan bergabungnya perusahaan penerbangan dalam aliansi tersebut juga memudahkan koordinasi antarperusahaan mengenai manajemen dan pengelolaan perusahaan agar lebih baik.

"Hingga saat ini sudah ada 20 perusahaan maskapai yang bergabung dalam SkyTeam. Sedangkan untuk Indonesia baru perusahaan Garuda Indonesia saja," ujarnya.

Perry lebih lanjut mengatakan aliansi global penerbangan tersebut sangat terbuka bagi perusahaan penerbangan. Namun keterbukaan tersebut dibarengi perusahaan maskapai itu harus memenuhi prosedur dan persyaratan untuk bisa bergabung ke aliansi global ini.

"Memang perusahaan yang ingin bergabung ke kami ada persyaratan yang sangat ketat dan semuanya harus berstandar internasional. Sedikitnya ada lima belas persyaratan, antara lain dari pelayanan, keselamatan dan keamanan, menu makanan bagi penumpang dan lainnya," ucapnya.

Ditanya dengan perusahaan PT Garuda Indonesia masuk menjadi anggota SkyTeam, kata Perry, sejak bergabung maka perusahaan Garuda perkembangan semakin pesat, dan mempunyai keunggulan dalam memajukan daerah dan pariwisata.

"Perkembangan Garuda sangat bagus. Saya amati para penumpang baik domestik dan internasional memilih penerbangan Garuda. Begitu juga dalam mempromosikan objek wisata sangat gencar, sehingga penumpang yang bepergian semakin meningkat ke objek wisata tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan pelayanan Garuda, para penumpang pun merasa puas, sebab dalam pelayanan hingga menu yang disajikan selama penerbangan tersedia sesuai dengan kebutuhan penumpang tersebut.

"Oleh karena itu, penerbangan Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan bintang lima dari Skytrax (lembaga independen penerbangan). Dan baru Garuda saja yang mendapat penghargaan tersebut dari perusahaan yang bergabung dalam Sky Team. Ini penghargaan yang luar biasa bagi Garuda," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016