Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta meluncurkan sistem pendataan secara online melalui program Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Desa Punggul, Abiansemal, Selasa.

"Selain peluncuran SIAK juga dilakukan perekaman e-KTP dan pembuatan kartu keluarga bagi masyarakat setempat," kata Bupati Giri Prasta di Mangupura, Selasa.

Ia mengapresiasi Perbekel Desa Punggul yang telah melakukan inovasi SIAK sebagai upaya implementasi dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Badung dalam pelayanan kepada masyarakat secara mudah, cepat dan tepat.

Giri Prasta menilai SIAK sangat penting dalam upaya memberikan data penduduk Badung yang akurat.

Pihaknya juga menginginkan desa di Badung menggunakan sistem smart desa (desa cerdas) yang nantinya akan dicanangkan untuk betul-betul menjadi desa berdikari dan mandiri.

"Kami berkomitmen untuk mewujudkan desa cerdas dan desa mandiri yang bisa berdiri diatas kakinya sendiri," ujarnya.

Melalui sistem online SIAK ini kedepan masyarakat akan dimudahkan dalam pelayanan administrasi kependudukan seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) termasuk akte catatan sipil lainnya.

Dengan penerapan SIAK ini merupakan salah satu langkah menuju Badung Smart City. Selain aplikasi dibidang administrasi kependudukan, Badung ke depan juga akan membuat aplikasi dibidang kesehatan maupun pertanian.

Sementara itu, Perbekel Punggul Kadek Sukarma mengatakan, tujuan dari penerapan SIAK di Desa Punggul memudahkan pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

Selain itu meningkatkan keakuratan data pelayanan administrasi kependudukan dan kepemilikan dokumen kependudukan berupa KK, KTP dan akte.

"Melalui sistem SIAK diharapkan kedepan pelayanan administrasi kependudukan dapat dilaksanakan di tingkat desa/kelurahan dengan tetap melakukan koordinasi sistem data secara online yang dikendalikan oleh Kecamatan dan Disdukcapil Badung," ujarnya.

Dalam acara itu dihadiri, anggota DPRD Badung Gede Suardika, Kadisduk Capil I Nyoman Soka, Kadishubkominfo I Wayan Weda Dharmaja, Camat Abiansemal Putu Ngr. Thomas Yuniarta serta Perbekel se-Kecamatan Abiansemal. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016