Singaraja (Antara Bali) - Anggota DPRD Bali asal Kabupaten Buleleng, Ida Gede Komang Kresna Budi mendukung eksistensi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) di daerah sebagai wadah pembinaan generasi muda.

"Saya sangat mendukung eksistensi Peradah di Buleleng. Apalagi saya orang Buleleng sendiri dan merasa bangga anak muda bergerak membangun umat dalam hal kaderisasi kepemimpinan di masa depan," katanya di Kota Singaraja, Rabu.

Ia mengatakan Peradah merupakan organisasi kepemudaan Hindu besar di Tanah Air dan Bali pada khususnya. Banyak tokoh lahir dari Peradah. Sehingga ke depan Peradah diharapkan dapat melahirkan pemimpin Buleleng yang menjunjung tinggi adat, agama dan budaya.

Selain itu, Kresna Budi berpesan bahwa anak muda harus paham dan mengerti bahwa Bali adalah unik.

"Mengenai pemahaman dasar bahwa apa yang ada di masyarakat kita saat ini bahwa Bali itu beragam jangan pernah disamaratakan. Seperti Semboyan `Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangruwe," paparnya.

Dikatakan pula, Peradah Buleleng diharapkan dapat mewujudkan kebersamaan di antara semua elemen pemuda yang ada.

"Kita punya begitu banyak klan masyarakat mulai dari Bali Mula, Bali Aga dan sebagainya. Diharapkan semuanya harus dapat menyatu ke depan," katanya.

Menurut dia, antara adat, budaya dan agama mesti dapat berjalan secara seimbang sehingga dapat menyeimbangkan pengembangan budaya di Bali dan Buleleng khususnya.

Selain itu, Kresna Budi berharap pemerintah daerah memberikan tempat, ruang dan waktu dalam mengembangkan diri sebagai wadah tempat berkumpul berkomunikasi dan berinteraksi.

"Sekarang saya mau tanya dimana kantornya Peradah? Ada tidak tempat anak-anak untuk berkumpul dan menyatukan visi misi untuk Buleleng ke depan? Disanalah letak pemerintah daerah sebenarnya dalam memberikan ruang pemuda untuk berkumpul," kata dia.

"Kami sebagai wakil rakyat berharap bupati memfasilitasi anak-anak muda yang ingin maju bersama-sama. Mereka (anak muda) ini punya visi bagus ke depan. Bidang kepemimpinan dan wirausaha. Harus didukung sebenarnya," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016