Singaraja (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengajak kalangan masyarakat di daerah itu menjaga kebersihan lingkungan pantai guna mewujudkan Buleleng bebas sampah plastik.

"Mari bersama-sama jaga kebersihan dari lingkungan terdekat. Buleleng sudah mendapatkan Adipura semoga kedepan dapat dipertahankan," katanya di Kota Singaraja, Bali, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya berencana rutin melakukan aksi kebersihan bersama warga di daerah itu. "Ini juga bagian dari gerakan sadar wisata dan sapta pesona dimana sudah juga dilakukan aksi bersih-bersih pantai," kata dia.

Dengan adanya gerakan tersebut, Bupati PAS berharap masyarakat akan lebih peduli lagi tentang pentingnya kebersihan lingkungan. Terlebih, Buleleng merupakan objek wisata dimana kenyaman pengunjung merupakan hal utama.

Lebih Lanjut, Bupati PAS mengatakan yang melakukan kerja bakti tersebut tidak saja orang tua, kegiatan ini juga melibatkan anak-anak dan remaja Buleleng Khususnya.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam mewujudkan Buleleng Bebas Sampah Plastik," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga diharapkan dapat menyadarkan masyarakat Buleleng untuk ikut menjaga kebersihan lingkungannya. "Kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama," ucapnya.

Tahun depan, kata dia, pihaknya akan memberikan alat berat yang akan digunakan untuk membersihkan sampah kiriman di wilayah pantai.

"Pada Februari dan bulan Maret kita mendapat sampah kiriman dari Pulau Jawa atau angin barat istilahnya jadi kita perlu alat berat untuk membersihkan itu semua di samping juga dibersikan oleh mayarakat Buleleng," ujar Bupati Putu Agus Suradnyana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016