Singaraja (Antara Bali) - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng, Bali, bekerja sama dengan sejumlah akademisi di daerah itu memprogramkan pengembangan sektor perikanan potensial.


"Selain bekerja sama dengan akademisi, kami juga selalu rutin bekerja sama dengan peneliti di Balai Perikanan di Gerokgak, wilayah Buleleng timur," kata Kepala Diskanla Buleleng Made Arnika, Rabu.


Ia mengatakan, hal tersebut dilakukan melihat tingginya potensi perikanan dan budidaya ikan di kalangan masyarakat ditunjang fasilitas mendukung di lapangan.


Ia menjelaskan, ratusan induk ikan diserahkan kepada masyarakat pembudidaya menyasar wilayah Desa Banyupoh, Desa Sangalangit, dan Desa Pemuteran.


Seluruh induk ikan diterima berdasarkan hasil seleksi, dan menjadi bagian penelitian dimana kedepannya masyarakat diharapkan mampu mengembangkan perikanan sekaligus meningkatkan perekonomian.


Selain itu, kata dia, penelitian induk ikan wajib dilakukan dan dikembangkan di masa mendatang, sehingga dapat dilakukan pembibitan secara berkesinambungan.


"Kami menilai benih budidaya ikan unggulan kedepan akan dievaluasi melalui pendataan indukan ikan yang telah dihasilkan dimana tujuannya meningkatkan produksi ikan bandeng, kerapu sunu, abalon, dan teripang,"katanya.


Lebih lanjut, Arnika menambahkan, pihaknya berterima kasih atas bantuan dari Balai Riset Gondol kepada kelompok pembudidaya tergabung P4B Kabupaten Buleleng.


"Mudah-mudahan calon induk bandeng, kerapu sunu, dan abalon, bermanfaat bagi kelompok P4B. Penelitian supaya terus dilanjutkan dan dikawal atas keberhasilan benih-benih unggul diberikan kepada pembudidaya," ujar dia. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016