Denpasar (Antara Bali) - Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Satu (SMANSA) Denpasar, menyandang sekolah favorit di Bali dalam suasana perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2016 mengukir berbagai prestasi di tingkat provinsi, nasional dan internasional.

Kepala SMA Negeri 1 Denpasar Drs Nyoman Purnajaya, M.Pd di Denpasar Jumat menjelaskan, prestasi yang diraih siswanya itu adalah sebagai juara Langgam Indonesia yang diselenggarakan Marcing Band Universitas Udayana, serta juara dalam International Mathematics Contest di Singapura.

Yang lebih membanggakan lagi, kata Nyoman Purnajaya, anak didiknya siswa SMANSA sebutan SMA N 1 Denpasar, meraih juara umum I Tingkat Nasional dalam lomba Jelajah Borobudur 2016 yang diselenggarakan oleh Fakultas Geodesi Universitas Gajah Mada (UGM).

Tim yang mampu mengangkat nama SMANSA di tingkat nasional itu terdiri atas Santhidewi, I Gede Ryoga Kusnanda dan Kadek Jessytha Jati Jayachrisna. Mereka sebelum berangkat ke perlombaan mendapat pembinaan dari gurunya Drs. Ketut Swastika.

Swastika menjelaskan, dalam lomba itu anak-anak disuruh membuat poster digital dan foto kreativitas tentang objek wisata Borobudur sebagai teknik penyisihan. Mereka yang lolos diundang ke Yogyakarta dan diarahkan ke Candi Borobudur.

Di sana mereka mencari koordinat amplop soal yang tersebar di areal Borobudur dengan menggunakan Global Positioning System (GPS), atau sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit.

Setelah soal didapatkan kemudian dijawab dan baru dapat melanjutlkan ke koordinat amplop berikutnya. Masing-masing tim mencari sekitar tujuh soal yang berisi berbagai bidang yang berbeda antara tim yang satu dengan tim lainnya.

Para peserta setelah tuntas memperoleh dan melaksanakan tugas sebagaimana diminta panitia, baru kembali ke kampus untuk mempresentasikan track pencarian amplop soal, tutur Swastika dengan bangganya.

Dia menyebutkan, penilaian didasarkan pada kombinasi antara nilai poster, foto krativitas, jawaban soal dan presentasi. Siswa SMANSA berhasil menjadi juara I dalam menyelesaikan soal dan meraih prestasi gemilang yang mengantarkan SMANSA menjadi juara umum I tingkat nasional. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016