Gianyar (Antara Bali) - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar, Bali Nyonya Surya Adnyani Mahayastra mengunjungi penderita kanker payudara I Gusti Ayu Agung Putra Ningsih (40) di Banjar Bona Kelod, Desa Bona Blahbatuh, Jumat.

"Kunjungan tersebut untuk memberikan dukungan dan motivasi agar Ayu Ningsih tegar dan semangat melawan penyakit yang dideritanya," kata Ketua YKI Nyonya Surya Adnyani Mahayastra.

Ia mengatakan, dukungan keluarga dan orang-orang terdekat sangat penting artinya bagi upaya penyembuhan suatu penyakit yang sedang diderita.

Hal tersebut diimbangi dengan pengobatan secara medis, serta dukungan dari anggota keluarga dan teman-teman dekat.

Seperti dituturkan sang suami I Gusti Ngurah Agung Darmawan, istrinya menderita kanker payudara sejak masih remaja, namun saat itu hanya berupa benjolan saja.

Setelah menikah dan memiliki tiga anak, benjolan itu makin terasa sakit. Setelah diperiksakan kembali ke dokter, Gusti Ayu Agung Putra Ningsih dikatakan menderita kanker payudara.

"Sejak mengetahui menderita penyakit kanker, Ayu Ningsih, hidupnya sekan tidak berarti lagi. Untunglah kami beserta ketiga anaknya selalu setia mendampingi dan menguatkan semangat hidupnya," tutur I Gusti Ngurah Agung Darmawa.

Ia menambahkan, istrinya Gusti Ayu Agung Putra Ningsih sejak sebulan yang lalu mau mengikuti saran dokter untuk menjalani kemoterapi sebanyak tiga kali. Tak terperi sakitnya yang dirasa akibat kemoterapi tersebut.

"Kondisi demikian menyebabkan dirinya patah semangat. Kemo yang sedianya harus dijalani tiga kali, baru dua kali dijalani sudah menyerah dan tidak kuat menahan sakit," katanya.

Melihat kondisi tersebut, Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra merasa sangat prihatin.

Istri Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra itu tidak henti-hentinya menguatkan semangat Gusti Ayu Putra Ningsih agar mau menjalani kemo yang ketiga kalinya.

"Jika kemoterapi merupakan salah satu cara agar bisa sembuh dari kanker payudara, alangkah baiknya jika itu dijalani lagi," ujar Ny. Adnyani Mahayastra menguatkan.

Tak lupa juga kepada keluarganya, Ny Adnyani Mahayastra berpesan agar selalu tabah dan mendukung setiap langkah pengobatan demi kesembuhan Gusti Ayu Putra Ningsih.

Selain itu juga berpesan agar selalu menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, agar keluarga yang lainnya tetap sehat dan bisa menjaga dan mengupayakan kesembuhan Gusti Ayu Putra Ningsih.

Pada kesempatan itu Ny. Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan bantuan untuk sekedar meringankan beban hidup sehari-hari keluarga yang bersangkutan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016