Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Kota Singaraja, Bali, potensial melahirkan akademisi dan ahli sektor kelautan di daerah itu seiring berkembangnya sektor kemaritiman di Bali Utara.

"Undiksha memiliki Program Studi Kelautan. Kami terus berupaya berperan aktif dalam pengembangan potensi kelautan di Buleleng," kata Rektor Undiksha , Dr I Nyoman Jampel MPd di Singaraja, Minggu.

Ia mengemukakan, Undiksha terus mendorong peningkatan nilai akreditasi prodi kelautan tersebut terlebih saat ini masih berstatus diploma tiga (D3), sedikit diminati kalangan muda

Dikatakan pula, pihaknya sudah mengajukan untuk 2017 Prodi Kelautan termasuk Prodi lainnya di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang masih berstatus Diploma III diangkat menjadi strata satu (S1).

"Kami pastikan seluruh Prodi MIPA termasuk kelautan segera menjadi S1. Tim kami masih bekerja dan akan segera diajukan ke Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi," ujar dia.

Selain itu, kata dia, Prodi Kelautan punya peran penting untuk Buleleng karena kabupaten terluas di Pulau Dewata itu memiliki garis pantai terpanjang hingga 150 kilometer dengan potensi kelautan yang sangat menjanjikan.

"Memang kami ada rencana menjadikan Fakultas Kelautan, tapi kami harus tentukan juga ada Prodi-Prodi didalamnya, ini masih kami pikirkan," jelas Jampel.

Untuk itu, Jampel menegaskan, Undiksha kini fokus menjadikan Diploma III Prodi Kelautan menjadi strata satu (S1) sehingga dapat menarik minat masyarakat. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016