Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 299 penumpang bus dari sejumlah kota di Pulau Jawa tiba di terminal Ubung, Kota Denpasar selama 24 jam pada hari Jumat (8/7).

"Mereka setelah merayakan Idul Fitri 1437 H di kampung halamannya masing-masing tiba di Bali dengan menumpang 16 bus," kata Kepala UPT Terminal Ubung, Denpasar, Bali, A.A Eka Putra di Denpasar, Sabtu.

Data arus balik dari Posko terpadu di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Ubung, Denpasar, Bali, mencatat seluruh penumpang dan bus yang datang maupun perg.

Ia mengatakan, prediksi puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Minggu (10/7). Dari data terlihat bahwa jumlah kedatangan pemudik masih tergolong sepi, karena diprediksi akan membludak pada Minggu (10/7) hingga Selasa (12/7).

Disisi lain, Eka Putra juga mengakui telah memberangkatkan 854 orang penumpang menuju Pulau Jawa, pada Jumat (8/7) lalu dengan jumlah kendaraan yang diberangkatkan pada hari itu sebanyak 37 unit bus.

Dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama, jumlah arus balik pemudik dari Pulau Jawa ke Terminal Ubung pada H+1 tercatat hanya 184 orang.

"Artinya jumlah pemudik yang melakukan arus balik pada Jumat (8/7) cenderung meningkat 62,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama hanya 184 orang," ujarnya.

Dari hasil pemantauan, terlihat belum banyaknya aktivitas arus balik di Terminal Ubung. Namun, sejumlah bus AKAP memang terlihat berhenti di beberapa titik halte yang disiapkan di tempat itu.

Beberapa Bus yang terparkir terlihat sepi tanpa penumpang dan ada juga bus sedang menaikkan penumpang yang hendak berangkat ke Pulau Jawa.

Hingga saat ini, situasi Terminal Ubung terlihat aman dan jumlah keberangkatan juga belum begitu ramai seperti tahun sebelumnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016