Kunjungan Delegasi Seni Budaya Provinsi Hainan Ke Indonesia, Menampilkan Tradisi dan budaya Masyarakat Hainan yang khas.

Memenuhi undangan Kadis Kebudayaan Provinsi Bali dan ketua PKB ke 38. Delegasi Seni Budaya Provinsi Hainan (sister Provin Bali) RRT. yang dipimpin Wakil Kepala Penerangan Provinsi Hainan Mr.Zhu Hansong, tiba pada tgl.4 Juli sore, mendapat sambutan dari wakonjen RRT. Mr. Dong zhe, ketua Paguyuban Hainan di Bali Bpk.Hendra Pangestu menjamu mereka makan malam di hotel Lumbini Jimbaran.

Pada tanggal 5 Juli delegasi Seni budaya Hainan mengadakan pertunjukan kolosal suku Li serta kunfu Tiongkok pada pukul 20:00 hingga pukul 21:30 malam di Gedung Krisarnawa Taman Budaya Bali secara Gratis, yang dihadiri oleh Gubernur Bali Mangku Pastika beserta ibu dan konsulat jenderal RRT di Denpasar Bali.

Delegasi Seni budaya ini adalah satu satunya Group seni budaya suku minoritas tingkat Propinsi. melalui tarian dan vokal menampilkan pesona tradisi dan seni budaya khas suku Li serta sebagian seni budaya menarik dari bangsa Tionghoa. Disamping itu mereka menampilkan tarian Indonesia "Selamat datang" dan nyanyian Lagu "Ayo mama" yang mendapat sambutan hangat dari penonton yang memadati 500 tempat duduk.

Melalui seni tari dan vocal mencerminkan kehidupan masyarakat suku Li di Hainan, seperti tari (shou huo)(Tari Panen), (Zhong pan) (tari Piring)(Saisaisai) (Tari menapi beras) , (song pinlan) (Tari mengantar Penang) (zhu gan) (Tari Bambu) dan sebagainya. Alangkah gembiranya rakyat Hainan saat Panen Raya, menyambut hangat tamu yang datang dari jauh, mendambakan hidup yang lebih baik, membangun asmara yang indah, menampilkan alat musik yang khas dan berharga.

Ada pepatah "Teman Akrab walaupun ada di penjuru laut dan diujung langit, tetap bagaikan tetangga" pemimpin delegasi menegaskan. Sama artinya dengan pepatah Indonesia "Jauh dimata dekat dihati" Semoga persahabatan sister provinsi Hainan -Bali semakin akrab bagaikan keluarga.​ (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016