Singaraja, (Antara Bali) - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng, Bali menilai keberadaan kampung ikan di daerah itu memacu potensi perikanan tawar memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

"Kami sudah terapkan di beberapa desa binaan dan terbukti dapat menjadi stimulus berkembangnya potensi perikanan tawar," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng, Made Arnika, Selasa.

Dia mengemukakan, pihaknya kini tengah melakukan pembinaan di wilayah Kecamatan Sawan, kedepan akan terus dioptimalkan di beberapa daerah di barat dan timur Buleleng.

Arnika berpendapat, kampung ikan dinilai cukup signifikan mendorong perikanan air tawar di kalangan penduduk, terlebih lagi Buleleng memiliki potensi perikanan tawar yang sangat menjanjikan.

Kampung ikan, kata dia, merupakan satu desa perkampungan yang secara intensif mengelola bidang perikanan tawar. Mereka memiliki pabrik pakan sendiri, sistem pengelolaan sendiri dalam proses budidayanya.

"Saya punya rencana terus menambah kampung ikan di beberapa wilayah di daerah itu terlebih Buleleng memiliki wilayah luas yang dapat dimanfaatkan membuat kolam ikan tawar," katanya.

Dikatakan pula, beberapa jenis ikan air tawar yang memiliki potensi untuk dikembangbiakan dalam program kampung ikan seperti mujair, kaper dan beberapa jenis ikan air tawar lainnnya. (IMB)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016