Negara (Antara Bali) - Konsep HUT Kota Negara, Kabupaten Jembrana berubah menjadi festival dengan waktu yang lebih panjang, dibandingkan perayaan sebelumnya.

"Tahun ini, HUT Kota Negara ke 121 kami masukkan jadi bagian Jembrana Festival yang akan berlangsung selama dua bulan," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, di Negara, Kamis.

Ia berharap, dengan konsep yang berubah ini, gaung perayaan HUT Kota Negara yang dirangkaikan dengan HUT Kemerdekaan RI bisa lebih luas lagi, sehingga bisa berdampak pada sektor pariwisata.

Selain formula yang berubah, menurutnya, panitia juga memilih berbagai kegiatan lomba dan hiburan diselenggarakan hari Jumat hingga Minggu, dimana pada hari-hari itu waktu yang dimiliki masyarakat lebih longgar untuk hadir menonton.

"Kalau dulu, dengan konsep satu bulan setiap hari ada acara baik lomba maupun hiburan. Sekarang kami geser hanya hari Jumat, Sabtu dan Minggu saja," ujarnya.

Untuk memberikan contoh dan mendorong kedatangan masyarakat luas, ia minta, seluruh pejabat serta pegawai Pemkab Jembrana hadir di setiap acara.

Selain itu ia memerintahkan, promosi segera dilakukan baik lewat baliho, brosur maupun media lainnya, karena sangat berpengaruh terhadap gaung festival tersebut.

"Harusnya sudah dari beberapa waktu lalu baliho dipasang, apalagi sekarang arus mudik sedang ramai. Biar pemudik bisa mengetahui Jembrana Festival," katanya.

Ketua Panitia Jembrana Festival yang juga Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan mengatakan, dirubahnya konsep perayaan HUT Kota Negara untuk memaksimalkan kualitas kegiatan dan kehadiran masyarakat.

Dengan dipilihnya hari Jumat, Sabtu dan Minggu, menurutnya, seluruh lapisan bisa datang untuk menonton berbagai lomba dan hiburan.

Ia mengungkapkan, Jembrana Festival tidak hanya menarik masyarakat selama dua bulan kegiatan saja, tapi memiliki tujuan yang lebih luas yaitu untuk meningkatkan kunjungan wisata di daerah tersebut.

"Pada periode kedua pemerintahan kami ini, Pemkab Jembrana menjadikan pembangunan pariwisata sebagai salah satu program prioritas. Pelaksanaan Jembrana Festival ini salah satunya," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan yang akan dimulai dari tanggal 1 Juli hingga 28 Agustus ini akan diisi 44 jenis kegiatan, baik yang bersifat lomba, kompetisi maupun hiburan.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016