Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali menyatakan tertarik untuk mempererat hubungan kerja sama dengan Pemerintah Jepang, khususnya di bidang pendidikan dan pertanian.

"Karena yang kita tahu, Jepang terkenal dengan kemajuan di bidang pendidikan. Teknologi pertanian di sana juga berkembang pesat," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menerima Konjen Jepang Hirohisa Chiba di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, hubungan kerja sama Bali-Jepang selama ini dinilai telah terjalin cukup baik. Hal tersebut, antara lain tercermin dari makin bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan Jepang ke Pulau Dewata. Selain itu, banyak pula mahasiswa Bali yang mengambil program magang di Negeri Sakura tersebut.

Di sisi lain, kepada Hirohisa Chiba yang baru bertugas di Bali, dia mengemukakan bahwa Provinsi Bali telah menjajaki kerja sama dengan salah satu provinsi di Jepang, yaitu Kumamoto. Bahkan, Gubernur Kumamoto sempat berkunjung ke Bali beberapa waktu yang lalu.

Kunjungan Gubernur Kumamoto tersebut akan ditindaklanjuti tim teknis yang akan datang ke Bali, 21 Juni mendatang. "Rencananya rombongan dari Kumamoto akan mengunjungi Universitas Udayana, SMAN Bali Mandara dan melihat program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri)," ucap Pastika yang juga berencana melakukan kunjungan balasan ke wilayah yang sempat diguncang gempa tersebut.

Pastika berharap, kerja sama dengan salah satu provinsi di Jepang itu membawa dampak positif bagi kedua belah pihak dan akan memberi peluang lebih besar bagi putra-putri Bali yang ingin melanjutkan pendidikan di negara itu.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan terima kasih kepada warga Jepang yang memberi perhatian begitu besar bagi pembangunan Bali.

Sementara itu, Konjen Jepang Hirohisa Chiba menyambut baik keinginan Gubernur Pastika untuk mempererat kerja sama dengan negaranya. Sebagai pejabat Konjen yang baru beberapa pekan bertugas ke Bali, dia juga berharap dapat melanjutkan hubungan kerja sama yang telah dibangun pejabat sebelumnya.

"Mohon dukungan dan kerja samanya agar kami dapat melanjutkan dan meningkatkan hubungan kerja sama yang telah terjalin," ujar Hirohisa Chiba dalam Bahasa Indonesia yang sangat fasih.

Hirohisa Chiba merupakan pejabat Konjen Jepang baru menggantikan Noboru Nomura yang memasuki masa pensiun.

Indonesia bukan negara asing bagi Hirohisa Chiba karena ia pernah bertugas di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016