Karangasem (Antara Bali) - Dalam mengapresiasi sekaligus memberikan kesempatan kepada para Lanjut Usia (Lansia) guna dapat berkumpul sesama Lansia se-Kabupaten Karangasem dalam suasana kekeluargaan, ceria, sehat dan bahagia dengan harapan membentuk perilaku masyarakat yang selalu menghormati, menyayangi, merawat dan meneladani para Lansia. Untuk itu, Sabtu (21/5) Pemerintah Kabupaten Karangasem menggelar Gebyar Lansia Kabupaten Karangasem yang disinkrunkan dengan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2016, bertempat di Balai Serbaguna Desa Abang, Kec. Abang Karangasem.

Kegiatan untuk memperingati HLUN yang jatuh pada tanggal 29 Mei itu difasilitasi Dinas Sosial Kab.Karangasem dihadiri dan dibuka langsung Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Ketua Komisi Daerah (Komda) Lansia Karangasem Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa. Turut hadir Ketua DPRD, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Amlapura, Kadis Sosial Prov. Bali, Sekdakab.Karangasem, Direktur Bank BPD Bali Cab.Karangasem, Direktur Bank BRI Cab.Karangasem, Direktur Bank Mandiri Cab. Karangasem, Direktur Bank BNI Cab.Karangasem, Direktur Bank Mantap Cab.Karangasem, Kepala SKPD dijajaran Pemkab.Karangasem, Ketua Tim Penggerak PKK. Ketua GOW Kab.Karangasem, Para Camat se-Kab.Karangasem, Perbekel Abang dan jajarannya serta Para Lanjut Usia.

Sementara itu Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mengatakan, peringatan HLUN yang diperingati setiap tanggal 29 Mei adalah untuk mengingatkan nilai historis dan strategis pada tanggal tersebut dilaksanakan sidang I BPUPKI yang dipimpin oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat anggota paling sepuh yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis NKRI.

"Hal itulah perlunya kita lestarikan. Tidak hanya sebatas seremonial. Namun juga sebagai wujud apresiasi kepada jasa-jasa para Lansia. Peringatan HLUN tahun 2016 di Karangasem diperingati pada hari ini, disinkrunkan dengan kegiatan agenda 100 hari kerja Bupati-Wakil Bupati Karangasem,"ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati pula mengapresiasi dan berterima kasih pada Ketua Komda Lansia karena telah melaksanakan kegiatan ini dan para Lansia yang hadir bersama keluarga,"Kegiatan ini diharapkan dapat menggugah generasi muda, keluarga dan kita semua untuk selalu menghormati, menghargai dan memberikan yang terbaik bagi kelangsungan hidup para Lansia,"katanya

"Bagi Lansia potensial agar diberikan bimbingan ketrampilan sedangkan bagi Lansia tidak mampu/terlantar dibantu melalui bantuan Jaminan Sosial atau Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) yang besarannya disesuaikan dengan kebutuhan dasar serta anggaran yang ada,"jelasnya.

Dikatakan, untuk tahun 2016, Pemkab.Karangasem mengalokasikan bantuan sosial melalui Komda Karangasem, total sebesar Rp.360 juta untuk Lansia Kurang mampu sebanyak 120 orang, "Sementara yang dianggarkan oleh Kemensos RI sebesar Rp. 200 ribu per orang per bulan untuk 100 Lansia di Karangasem,"tegas Bupati.

Dalam kesempatannya Ketua Komda Karangasem juga Wabup Karangasem I Wayan Artha Dipa menyampaikan ucapan terima kasih pada para pihak yang konsisten memberikan bantuan untuk kesejahteraan para Lansia.

"Saya berharap, khususnya bagi pelaku usaha agar dapat terus meningkatkan sumbangan dan bantuannya melalui program CSR tidak terbatas pada saat perayaan Hari Lanjut Usia semata,"ujarnya.

Program peningkatan kesejahteraan sosial Lansia mesti terus dilanjutkan, dengan harapan Ibu Bupati melalui Sekda tetap menganggarkan dalam APBD untuk program Pelayanan kepada Lansia secara berkelanjutan, sesuai Surat Menko Kesra RI no B15/MENKO/KESRA/I/2011 tentang Dukungan APBD untuk Program Rehabilitasi dan Perlindungan Lansia.

"Kedepan kami berharap ada sharing dana bansos dari Pemprov.Bali untuk bersama-sama membantu para Lansia tidak mampu/terlantar,"kata Artha Dipa.

Panitia hari Lansia, Kadis Sosial I Made Sosiawan menyampaikan, sampai dengan tahun ini, data di Dinas Sosial terkait jumlah Lansia di Karangasem, total berjumlah 3.629 orang Lansia  terlantar/kurang mampu dan sekitar 690 orang Lansia yang telah mendapatkan bantuan melalui Jaminan Sosial maupun dalam bentuk bantuan sembako.
Akhir sambutan diadakan penyerahan bantuan 300 buah baju kaos dan 200 paket sembako dari Bank-Bank Cab.Karangasem serta Jaminan Lanjut Usia untuk 120 orang masing-masing Rp.300 ribu per orang dari anggaran Komda Lansia. Dengan penuh haru Bupati Mas Sumatri serahkan bantuan secara simbolis diterima para Lansia perwakilan. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016