Singaraja (Antara Bali) - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Buleleng, Bali, menyatakan mendukung pasangan petahana (incumbent) pilkada Buleleng yakni Putu Agus Suradnyana dan I Nyoman Sutjidra.

"Saya sebelumnya sudah sempat berkomunikasi dan mendekati pasangan incumbent Putu Agus Suradnyana - Nyoman Sutjidra (PASS)," kata salah satu kader Hanura Buleleng, Kadek Doni Riana, Kamis.

Ia menjelaskan, sebelumnya pada penjaringan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati di tingkat Partai Hanura diklaim tidak membuahkan hasil maksimal sehingga dirinya telah membaca situasi Hanura Buleleng mengarahkan dukungan kepada incumbent.

Dikatakan pula. setelah Partai NasDem Buleleng memutuskan dukungan terhadap incumbent, Hanura Buleleng akan mengikuti jejak berikutnya. Koalisi bersama incumbent dinilai berpotensi menaikan elektabilitas Partai Hanura.

"Sampai batas waktu pengembalian formulir terakhir, saya mendapat masukan lewat komunitas pendukung Doni dan jika responden di tingkat masyarakat bawah, elektabilitas mereka lebih condong kepada calon incumbent," ujar dia.

Dikatakan pula, pihaknya sempat ditunggu mengembalikan formulir oleh Ketua penjaringan kader Hanura Buleleng Gede Wisnaya Wisna. Namun Doni memiliki pertimbangan supaya tidak sia-sia berjuang.

Melalui keputusan tersebut, sebagai kader Hanura dia menunggu perintah induk DPD dan DPC Hanura dalam waktu dekat. "Kalau dilanjutkan sebagai balon Wakil Bupati Hanura. Elektabilitas incumbent sangat berat dikalahkan. Saya pertimbangan matang, dan putuskan tidak kembalikan formulir pendaftaran," ucap Doni.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Buleleng, Ketut Wirsana menjelaskan, Hanura Buleleng dipastikan mendukung pasangan petahana PAS-Sutjidra.

Wirsana mengklaim pendekatan kepada incumbent sudah dilakukan sejak lama. "Bersama calon incumbent PAS-Sutjidra, kami sudah komunikasi sejak lama dan memastikan merapat. Komunikasi akan dimatangkan lagi untuk menjalin koalisi. Hasil penjaringan di Hanura sudah kami laporkan ke DPP dan DPD Hanura," tandasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016