Klungkung (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung menggencarkan program Gerakan Masyarakat Gemar Membaca (Gema Arca) sebagai upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah setempat.

"Melalui program Gema Arca yang dirancang oleh Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Klungkung, diharapkan dapat membantu meningkatkan IPM Klungkung. Di samping program-program inovatif lain juga digencarkan," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Semarapura, Sabtu.

Pembahasan Program Gema Arca ini disampaikan Bupati Suwirta ketika menghadiri seminar Safari Gerakan Membaca di aula SMA Negeri 2 Semarapura beberapa waktu sebelumnya. Turut hadir dalam seminar ini, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta, Ketua DPRD Klungkung Wayan Baru Setda Gede Putu Winastra, anggota DPRD dari fraksi Gerindra, para tokoh masyarakat serta guru dan siswa.

Bupati Suwirta melanjutkan, hingga kini peningkatan IPM merupakan salah satu pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Penyebabnya IPM kabupaten Klungkung sampai saat ini, masih di bawah IPM rata-rata provinsi Bali. Berdasarkan data BPS, IPM Kabupaten Klungkung untuk tahun 2014 baru mencapai 68,3, sedangkan IPM provinsi Bali sudah mencapai 72,48.

Terkait dengan itu, maka Pemerintah kabupaten Klungkung berupaya melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan IPM ini. Salah satunya melalui peningkatan minat membaca, dikarenakan hingga sekarang minat membaca masyarakat masih rendah.

Salah satunya, dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi informasi belakangan ini. Namun di sisi lain, lewat perangkat teknologi IT yang semakin canggih, minat baca masyarakat meningkat pada bacaan atau konten yang kurang berkualitas.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menyampaikan, saat ini Pemkab Klungkung telah mengirimkan satu unit mobil perpustakaan keliling ke Pulau Nusa Penida. Langkah ini dilakukan mengingat Nusa Penida adalah salah satu daerah yang paling tertinggal di Bali.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Widiyanto, menyatakan apresiasinya karena Pemkab Klungkung telah mendukung program nasional Gerakan Gemar Membaca melalui program aksinya.

"Untuk mensukseskan gerakan gemar membaca ini, sebaiknya seluruh komponen masyarakat untuk terlibat, supaya upaya peningkatan kecerdasan SDM Indonesia dapat berjalan sukses," ucap dia. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016