Karangasem (Antara Bali) - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri meresmikan pembukaan Jalan Strategis Desa "Jalan Pariwisata Lingkar Banjar Pakel" di banjar Dinas Pakel Desa Sangkan Gunung Kec. Sidemen Karangasem, Jumat (22/4).

Jalan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam menunjang perekonomian masyarakat untuk itu Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Sekdakab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi bersama Anggota DPRD Karangasem Dapil Sidemen meresmikan pembukaan Jalan Strategis Desa "Jalan Pariwisata Lingkar Banjar Pakel" di banjar Dinas Pakel Desa Sangkan Gunung Kec. Sidemen Karangasem yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Hadir pada acara itu Asisten II Setda, Kepala Badan, Dinas terkait dilingkungan Pemkab.Karangasem, Muspika Kec.Sidemen, Perbekel Sangkan Gunung dan seluruh masyarakat Desa Sangkan Gunung.

Sementara itu Bupati Karangasem Mas Sumatri usai peresmian mengatakan, saat ini Kabupaten Karangasem memiliki 398 ruas jalan dengan panjang total 858,326 km dengan kondisi 70,98% baik. Dan dengan diberlakukannya UU no 6 tahun 2014 tentang Desa, dimana ada beberapa kewenangan yang berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa, salah satunya adalah kewenangan desa untuk membangun dan memelihara sendiri jalan-jalan desa yang ada dilingkungan wilayahnya melalui dana APBDes.

"Pemkab.Karangasem pada tahun 2016 ini melalui Dinas PU sedang melakukan penyusunan Data Base jalan, untuk mengidentifikasi jalan-jalan kabupaten dan desa yang menjadi kewenangan kabupaten untuk menanggani jalan-jalan yang menjadi kewenangan desa dalam penangananya. Hal itu nantinya dapat memudahkan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa dalam penyusunan program jalan kedepannya,"ungkapnya.

"Pembangunan jalan itu sesuai pula dengan misi kelima Bupati-Wakil Bupati Karangasem untuk membangun infrastruktur wilayah yang merata, berkeadilan dan tepat guna serta mengembangkan wilayah berbasis potensi lokal perdesaan. Pembukaan jalan pariwisata lingkar Pakel merupakan salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat Sangkan Gunung khusunya dalam mendukung program 100 hari kerja kami dalam rangka pembukaan jalan-jalan strategis desa yang ada di wilayah Kab.Karangasem,"ujarnya

Bupati pun berharap kegiatan pembukaan jalan oleh masyarakat Desa Sangkan Gunung kali ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk mengembangkan jalan-jalan strategis di desanya. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016