Denpasar, (Antara Bali) - Rektor Undiksha Dr I Nyoman Jampel MPd mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian Gubernur Bali, Ma terhadap Universitas Pendidikan Ganesha dan berharap mendapatkan dukungan mendirikan Program Studi Kedokteran di kampus pendidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut.

Rektor Jampel mengemukakan, saat ini rencana pendirian Fakultas Kedokteran di Undiksha masih menunggu surat izin dari Kementerian. Jadi bantuan Gubernur Pastika untukk memfasilitasi sangat berarti, dan berharap bisa mempercepat turunnya surat izin tersebut.
    
Dengan dibukanya Fakultas Kedokteran yang merupakan program studi non-pendidikan, bisa menambah alternatif jurusan bagi calon mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di Bali.
   
 "Memang permintaan untuk jurusan Kedokteran di Bali sangat banyak, dan kami ingin semakin banyak anak muda Bali yang bisa belajar ilmu kedokteran," katanya.
Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengharapkan Kabupaten Buleleng dapat dikembangkan menjadi Kota Pendidikan karena kondisi daerahnya yang cukup representatif bagi para mahasiswa yang ingin konsentrasi belajar.

"Maka dari itu, Pemprov ingin mendesain kawasan utara untuk para pelajar, bukan hanya pelajar dari Bali, namun kelak harus mampu mendatangkan pelajar dari seluruh Indonesia, minimal bisa menjadi universitas tujuan bagi mahasiswa yang berasal dari Indonesia bagian Timur," kata Pastika saat menerima audiensi dari Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Denpasar.

Menurut dia, Kabupaten Buleleng cocok bagi pengembangan pendidikan karena kondisi yang cukup representatif. Berbeda dengan daerah selatan yang sudah terkena dampak hingar bingar pariwisata.

Selain kawasan Buleleng, tambah Pastika, saat ini Pemprov Bali juga tengah menggodok rencana pembangunan SMK Bali Mandara di Kabupaten Karangasem, sebagai salah satu cara pemerataan pembangunan di Bali.

"Ke depan saya juga berharap bisa dibangun lagi SMK Bali Mandara di daerah Bangli, dengan harapan semakin banyak anak miskin yang bisa sekolah," katanya.

Dalam kesempatan itu, Pastika juga mengharapkan Undiksha tidak hanya menjadi media transfer ilmu pendidikan bagi para mahasiswanya. Lebih dari itu, Undiksha harus mampu mencetak para pendidik yang berkarakter, yang benar paham akan hakekat mendidik.

"Jadi ke depan saya ingin melihat penerus kita benar-benar menjadi manusia yang berkarakter, dan para pendidik yang dicetak juga harus mampu mendidik dengan benar bukan transfer ilmu semata," ujarnya. (IMB)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016