Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar meraih peringkat terbaik pertama dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2016, dan mampu menyisihkan daerah lainnya.

Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara terbaik pertama ini diserahkan Gubernur Bali Made Mangku Pastika diterima Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara disaksikan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo pada saat pembukaan kegiatan Musrenbang RKPD Provinsi Bali Tahun 2017 di Gedung Wiswa Sabha, Denpasar, Selasa.

Gubernur Mangku Pastika mengatakan penyerahan Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2016 tingkat Provinsi Bali diberikan kepada kabupaten dan kota yang berhasil menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah terbaik.

"Saya berharap kepada kabupaten dan kota yang meraih predikat terbaik, agar bisa semakin memacu peningkatan kualitas perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten kota masing-masing," ujarnya.

Selain itu, kata dia, sekaligus meningkatkan koordinasi, komunikasi dan singkronisasi yang lebih efektif antara jenjang pemerintahan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah ke depannya.

Dikatakan aspek perencanaan memegang peranan sangat penting bagi suksesnya pembangunan daerah dan keberhasilan pembangunan sangat di tentukan oleh kualitas perencanannya.

Oleh karena itu penyamaan presepsi dan langkah para unsur perencana beserta seluruh pemangku kepentingan menjadi prasyarat penting dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

Sementara Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara ditemui usai menerima penghargaan mengatakan pencapaian yang di peroleh Pemkot Denpasar, yakni Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara terbaik ini sangat bermanfaat untuk memotivasi aparatur untuk lebih memahami dalam perencanaan yang baik dan benar.

Sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi Kota Denpasar, sedangkan untuk masyarakat sendiri penghargaan ini memberikan dampak pada kecermatan dan keakuratan pengusulan rencana kegiatan yang memberikan manfaat kepada masyarakat itu sendiri.

Tentu dari pelaksanaan ini disinkronisasikan dengan sumber daya manusia (SDM) yang tersedia serta sumber pendanaan dan teknologi yang ada, sehingga proyek-proyek itu memiliki nilai tambah bagi masyarakat Kota Denpasar.

"Saya berharap pencapaian Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara terbaik ini untuk mendorong setiap daerah menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan, serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016