Tabanan (Antara Bali) - Bupati Tabanan, Bali Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan apresiasi terhadap Program Jambanisasi yang dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 1619 setempat.

"Program Jambanisasi yang dilaksanakan Kodim 1619 Tabanan mampu meringankan beban masyarakat serta menunjukkan semangat kerja sama dan gotong royong antara TNI dan masyarakat di Tabanan," kata Bupati Eka saat meresmikan salah satu jamban warga bernama Wayan Suasa di Banjar Tegal Belodan Desa Dauh Peken Kecamatan Tabanan, Kamis.

Dalam peresmian yang di hadiri Dandim 1619/ Tabanan Herwin Gunawan, Kajari Tabanan Atang Bawono, jajaran Muspida serta anggota Kodim 1619/Tabanan. Bupati Eka mengatakan selama ini TNI/Polri serta segenap jajaran pemerintahan di Kabupaten Tabanan berjalan secara selaras dan beriringan sehingga seluruh program pemerintah bisa berjalan dengan baik.

Menurutnya program jambanisasi bisa menjadi satu paket dengan program Pemkab Tabanan yakni program bedah rumah, sehingga masyarakat yang kurang mampu di Tabanan, selain mendapat fasilitas rumah layak huni juga bisa memiliki fasilitas MCK yang memadai dan layak.

"Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan aparat TNI khususnya Kodim 1619/Tabanan terhadap keberadaan masyarakat kami yang kurang mampu. Mudah-mudahan bantuan dan kerja sama ini bisa dilanjutkan terus ke depannya," ujarnya.

Bupati Eka menjelaskan , selama ini Pemkab Tabanan telah melaksanakan berbagai program pro rakyat salah satunya program partisipatif.

Ia mengharapkan dalam program ini Pemkab Tabanan bisa menggandeng aparat TNI dalam pengerjaannya, sehingga program ini bisa berjalan maksimal.

"Program unggulan kami yakni program partisipatif telah berjalan dengan sangat baik. Kami berharap ke depannya, kita bisa bekerja sama mengerjakan program ini secara gotong royong antara masyarakat dengan aparat TNI," ungkapnya.

Sementara Komandan Kodim Herwin Gunawan mengatakan, program jambanisasi ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dimana di Kabupaten Tabanan telah dibantu sebanyak 125 unit jamban.

"Tahun 2015 yang lalu, kami telah merampungkan 125 unit jamban dan target tahun ini sebanyak 160 unit. Mudah-mudahan bisa kami realiasisikan," ujarnya.

Gunawan menjelaskan, program ini tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa dukungan dari masyarakat dan Pemkab Tabanan. Sehingga ke depan dirinya berharap, kerja sama ini bisa terus dilanjutkan, sehingga kemanunggalan TNI bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat khususnya di Tabanan.

"Kami berharap kerja sama inii bisa terus berlanjut mudah-mudahan program ini kami bisa memberikan kontribusi positif serta manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tabanan," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016