Denpasar (Antara Bali) - Anggota DPRD Bali Ida Gede Komang Kresna Budi mendesak Pemerintah setempat dan Kabupaten Buleleng melakukan perbaikan penunjang fasilitas pariwisata Pulau Menjangan.

"Saya mendesak Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkab Buleleng melakukan pembenahan sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran objek di kawasan Pulau Manjangan," katanya di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan langkah ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan asing ke wilayah Kabupaten Buleleng. Keberadaan Pelabuhan Lalang dan Banyuwedang saat ini kurang presentatif, selain akses jalannya rusak, juga fasilitasnya kurang memadai.

"Bagaimana bisa mendatangkan wisatawan nusantara dan asing jika akses menuju Pulau Menjangan itu tidak presentatif atau memadai. Oleh karena itu saya menyarankan Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Buleleng membangun sinergisitas dalam pengelolaan wisata tersebut," ujar politikus asal Desa Liligundi, Kabupaten Buleleng.

Menurut Kresna Budi, jika ada sinergisitas dalam membangun objek pariwisata, pihaknya optimistis wisatawan akan meningkat ke Pulau Dewata bagian utara. Sebab, saat ini wisatawan yang memiliki waktu liburan pendek akan mengurungkan niatnya ke objek wisata di Buleleng, selain penunjang pariwisata tak memadai, juga akses jalan cukup berat.

"Karena itu membangun sebuah kawasan wisata di Kabupaten Buleleng harus terlebih dahulu yang dibenangi infrastruktur penunjang, sehingga para turis yang ingin beriwisata ke sana semakin lancar, walau mereka memiliki waktu liburan cukup pendek," ucap politikus Partai Golkar.

Kresna Budi mengatakan kalau potensi objek wisata di Kabupaten Buleleng yang ingin dikembangkan masih banyak, namun yang diperlukan adalah bagaimana pemerintah daerah menggarap potensi wisata yang ada agar semakin tertarik dikunjungi turis.

"Peran pemerintah daerah sangat menentukan berkembang dan tidaknya objek wisata tersebut. Karena itu masyarakat disekitar objek wisata diharapkan berpartisipasi mendukung gagasan pemerintah daerah setempat," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016