Mangupura (Antara Bali) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bapeda Litbang) Kabupaten Badung, Bali, menggali potensi sumber daya manusia yang ada di masing-masing desa dalam mendukung pembangunan daerah.

Kepala Bappeda Litbang Badung I Wayan Suambara dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Badung Tahun 2017 di Kecamatan Mengwi, Senin, membahas pembangunan infrastruktur di daerah itu.

"Hal ini dilakukan dalam rangka memberdayakan masyarakat desa agar kesejahteraannya meningkat sehingga sejalan dengan tema pembangunan Badung yang ingin memperkuat kemandirian daerah melalui inovasi dan pengelolaan potensi dalam meningkatkan daya saing daerah," ujarnya.

Ia mengharapkan Kepala Desa dan tokoh-tokoh masyarakat yang mengetahui potensi masyarakatnya yang perlu dikembangkan, agar dibahas di Musrenbang tersebut.

"Silahkan menggali inovasi yang kesemuanya diorientasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Kami pandang akan sangat ideal kalau di tiap-tiap desa punya satu unggulan, dan kami menginginkan desa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, budaya dan aktivitas sosial lainnya," ujarnya.

Apabila hal tersebut dapat diwujudkan desa, Pemkab Badung memiliki komitmen untuk memberikan dukungan terhadap pemikiran tersebut.

Ia menambahkan, upaya tersebut untuk wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang diintegrasikan melalui Badung E-Government System & Technology (BEST Planning).

Sistem tersebut mengacu Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

"Musrenbang tahun ini sangat strategis karena merupakan periode transisi pemerintahan," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016