Singaraja, (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada kalangan mahasiswa kampus setempat yang berhasil meraih prestasi membanggakan tingkat nasional dan internasional periode 2015 lalu.


Pemberian penghargaan diberikan langsung Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd masih dalam rangkaian Dies Natalis ke-23 universitas pendidikan terbesar di Pulau Dewata itu, Jumat.


I Nyoman Jampel dalam sambutannya mengatakan, sepanjang 2015 pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Undiksha mampu berkompetisi dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat di tingkat nasional.


Ia menjelaskan, Undiksha mampu meloloskan sebanyak 14 judul penelitian dengan skema kompetitif nasional dengan dana sebesar Rp1,9 miliar dan 55 judul penelitian dalam skema desentralisasi dengan dana sebesar Rp3,1 miliar dan 46 judul pengabdian masyarakat kompetitif nasional dengan dana sebesar Rp1,7 miliar.


Di bidang kemahasiswaan, kata dia, pada acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang ke-28 di Universitas Halu Oleo, Kendari, pada tanggal 5-9 Oktober 2015 lalu.


Undiksha, kata Jampel meraih peringkat lima besar mengalahkan beberapa universitas besar di Indonesia, juga memperoleh dua medali emas dan satu mendali perak.


"Pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015, dalam bidang Fisika, Undiksha juga  memperoleh juara II Nasional (juara I diperoleh oleh UI, juara III diperoleh ITB, dan juara IV diperoleh UNDIP)," imbuhnya.


Sedangkan pada OSN Pertamina wilayah Bali, bidang Fisika, juara I, II, dan III, semua diborong oleh mahasiswa dari jurusan Pendidikan Fisika, Undiksha. Di bidang Kimia, juara III dari jurusan Pendidikan Kimia Undiksha. Selain itu mahasiswa Undiksha juga mendapat juara I kompetisi Kimia Terapan se-Indonesia kategori proyek sains.


Sementara itu, universitas yang dikenal dengan sebutan kampus seribu jendela itu kini berada di peringkat 69 Indonesia dari 393 perguruan tinggi (PT) berdasarkan Webometrik. "Sedangkan di tingkat Internasional Undiksha menempati peringkat 5.802 dari 11.992 perguruan tinggi seluruh dunia.


"Sesuai peringkat, nilai Undiksha sudah sangat baik. Meski begitu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Buleleng ini akan terus meningkatkan prestasi kedepan," demikian Jampel. (KUN)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016