Jakarta (Antara Bali) - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menuliskan pesan dan motivasi khusus kepada pimpinan dan pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali pada stan perwakilan daerah tersebut di Pekan Budaya 2015.

"Senantiasa bekerja dengan hati dan jadikan institusi BI yang kredibel dan terbaik di regional," tulis Agus Martowardojo ketika mengunjungi stan Kantor Perwakilan BI Bali yang didirikan serangkaian Pekan Budaya di Kantor BI Pusat di Jakarta, Kamis.

Tulisan motivasi itu kemudian disematkan pada "pohon transformasi" yang didirikan khusus oleh perwakilan bank sentral dari Pulau Dewata tersebut.

Agus yang saat itu mengenakan kemeja putih nampak antusias mengamati pohon transformasi tersebut yang berisi gantungan kertas menyerupai daun lontar berwarna cokelat, berisi tulisan setiap pengunjung stan.

Ia kemudian membaca beberapa lembar kertas berisi pesan dan harapan kepada bank sentral itu dari para pegawai baik pada level pimpinan dan pegawai di pusat hingga jajaran perwakilan di daerah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Dewi Setyowati menjelaskan sejumlah inovasi transformasi kepada mantan Menteri Keuangan itu.

Inovasi transformasi tersebut di antaranya aplikasi edukasi Rupiah pada telepon pintar berbasis Android yang diklaim diciptakan pertama di Indonesia hasil karya para pegawai BI setempat.

Selain itu, Dewi juga menjelaskan inovasi pada baju kasir bank sentral tersebut yang dilengkapi dengan nama kasir dengan tulisan cukup besar pada bagian belakang baju serta adanya ikat merah yang melekat pada lengan baju.

Inovasi pada baju kasir itu untuk memudahkan pengawas melakukan pengawasan apabila ada indikasi oknum kasir yang melakukan hal-hal yang tidak bertanggungjawab.

Pekan Budaya BI 2015 merupakan kegiatan pertama yang digelar internal bank sentral tersebut yang dihadiri satuan kerja pusat maupun seluruh kantor perwakilan di Indonesia.

Pada "Culture Fair" BI 2015 yang digelar mulai Rabu (16/12) hingga Kamis (17/12) itu BI Bali masuk dalam dua nominasi lomba yakni `Culture and Change Award" dan "Innovation Award" dengan mengusung edukasi Rupiah pada Android untuk kategori layanan ekternal. (DWA)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015