Denpasar (Antara Bali) - Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Bali yang didukung dua juri asing Mr Anello Capuano (Italia) dan Mrs Jen Buchanan (Australia), menggelar lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak memperingati HUT ke-78 di Hotel Swissbel, Sanur, Denpasar.

"Lomba menggambar dan mewarnai yang diadakan Kantor Berita Antara kali ini, sesuai dengan kebijakan Presiden Jokowi yang konsisten menggelorakan pembangunan karakter bangsa," kata I Made Tinggal Karyawan, Kepala Perum LKBN Antara Biro Bali saat membuka acara lomba, Minggu.

Untuk membangun karakter bangsa, kata dia, hendaknya dimulai sejak dini, mulai usia 1-5 tahun yang merupakan fase perkembangan penting dalam pembentukan sistem kepribadian seorang anak agar tumbuh menjadi pribadi berkarakter positif yang diharapkan bangsa.

Dikatakannya, bahwa kesenian merupakan aktivitas yang dapat membangun budi pekerti seorang anak. Positifnya kegiatan kesenian dalam membangun karakter generasi bangsa, membuat kegiatan ini menjadi acuan lembaga untuk mengadakannya.

Penting artinya memiliki generasi muda yang berbudi pekerti melalui pembentukan karakter sejak dini yang antara lain melalui kegiatan lomba menggambar dan mewarnai yang bisa mengasah kepekaan nurani, emosi dan kecerdasan intelektualnya untuk menjadi generasi muda harapan bangsa.

Jika tidak secara dini, kata Made Tinggal, tentu susah membentuk kepribadian seorang anak karena begitu usianya menginjak enam tahun ke atas, kepribadiannya sudah terbentuk, artinya siapa anak anak anda hari ini, itu lah dia di masa depan.

"Di sinilah Antara Bali ingin berkontribusi membangun bangsa. Dulu pada zaman penjajahan, kantor berita inilah yang menyebarkan kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia. Inilah peran Antara yang selalu berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba HUT LKBN Antara Analia menyatakan, kegiatan lomba menggambar dan mewarnai baru kali ini diadakan, namun direncanakan berkelanjutan untuk tahun-tahun selanjutnya, karena memiliki manfaat yang positif bagi anak-anak.

Dewan juri yang menilai karya anak-anak adalah Mr Anello Capuano, seorang pelukis dan musisi Italia dan Jen Buchanan, guru menggambar di Green Schooljuga dikenal sebagai pembuat film animasi pendek dan `publish book ilustrator`. Kedua juri ini bersemangat menyaksikan anak-anak berkarya.

"Anak-anak cukup antusias, ada 102 pendaftar anak-anak untuk kategori usia 6-12 tahun dari sekolah-sekolah di Denpasar dan Kabupaten Badung. Bahkan peserta tidak hanya anak-anak lokal, namun ada juga yang berasal dari negara lain dan tertarik untuk mengikuti lomba," ujar Analia.

Menurut dia, ketertarikan anak-anak mengikuti memperlihatkan jika kegiatan menggambar masih menjadi ajang berkreasi yang diminati generasi muda. Bahwa anak-anak tidak hanya mengisi waktu dengan main game semata, namun jika diarahkan dengan benar, kegiatan menggambar pun tidak kalah menyenangkannya.

Acara HUT ulang tahun LKBN Antara ke-78, terselenggaran berkat kerja sama dengan Swiss-belresort Watu Jimbar, Waterboom, Bali Buzz, BIMC, Aqua, Coca Cola, Hardys, Bali Advertiser, Green School, Alfamart, Smartfren, PT (Persero) PLN Distribusi Bali, Bali Kini, Antara TV dan Antara Foto, serta dipandu MC Rie Yuni.(SRW/WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya dan Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015