Tabanan (Antara Bali) - Kementerian Tenaga Kerja menyerahkan Sertifikat ISO 9001 kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali terkait optimalisasi pelayanan antarkerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat.

"Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri menyerahkan sertifikat ISO tersebut kepada Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada saat pembukaan Expo Naker 2015 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (26/11)," kata Kepala Disnakertrans Tabanan Tjokorda Alit Juli, Minggu.

Penghargaan tingkat nasional yang diterima Pemkab Tabanan menjadi salah satu Kado dalam memperingati HUT ke-522 Kota Tabanan yang puncaknya diperingati 30 November 2015.

Tjokorda Alit Juli menjelaskan, diterimanya sertifikat ISO tersebut berkat berbagai upaya yang dilakukan dalam menekan jumlah pengangguran.

Salah satunya yang berkaitan dengan sertifikasi ISO adalah optimalisasi pelayanan antarkerja.

"Optimalisasi pelayanan itu meliputi pelayanan informasi pasar kerja dengan sistem online yang distandarkan dengan sistem manajemen mutu," jelas Tjokorda Alit Juli.

Optimalisasi pelayanan yang dilakukan Disnakertrans Kabupaten Tabanan juga dipicu oleh tantangan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada 2014 lalu.

Sesuai perjanjian, jika tantangan tersebut terpenuhi, kementerian siap memberikan bantuan peralatan lengkap dengan sistemnya.

"Jadi proses awalnya dari sebuah tantangan yang diberikan kepada kami di Disnakertrans. Kalau mampu melakukan optimalisasi pelayanan, kementerian siap memberikan bantuan berupa peralatan dan sistemnya," katanya.

Stimulasi yang diberikan kementerian tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penyiapan standar operating procedure (SOP) tentang pelayanan yang perlu disediakan.

"Pada pertengahan 2014, pelayanan beserta SOP tersebut diuji dan diperiksa oleh auditor independen dari Jakarta," tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada mengungkapkan pemberian sertifikasi itu sebagai sebuah kebanggaan bagi Pemkab Tabanan. Karena upaya Pemkab Tabanan melalui Disnakertrans telah diakui oleh pemerintah pusat.

Terlebih lagi, sertifikat itu diberikan beberapa hari menjelang HUT Kota Tabanan Ke-522, sehingga, hal ini menjadi kejutan spesial.

"Tapi yang lebih penting dari itu semua adalah komitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik," tegas Penjabat Bupati Tabanan Sugiada. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015