Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali segera membuka program studi (prodi) Magister (S-2) dan Doktor (S-3) di kampus pendidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut.

"Dalam pembentukan prodi baru nantinya harus memiliki persyaratan minimal dua orang dosen dari enam orang dosen prodi memiliki karya tulis ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal internasional terindex Scupus," kata Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd di Singaraja, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya sangat berharap kedepan dosen-dosen di kampus seribu jendela itu membuat suatu penelitian dan mempublikasikan ke dalam jurnal internasional terindex Scupus, jurnal kaliber internasional.

Selain itu, kata dia, prodi strata-2 Undiksha kini sebagian masih berakreditasi C dan diharapkan pada tahun depan Pascasarjana Undiskha mampu mengusulkan akreditasi baru kepada Kemenristek-Dikti. "Ke depan minimal B, kami harapkan sebagian besar A, ini yang harus dikerjakan mulai sekarang," katanya.

Jampel menambahkan, kini pascasarjana Undiksha sedang melengkapi struktur organisasi sampai tingkat prodi dan diberikan tenggat waktu sampai akhir Desember ini pembentukan struktur tersebut tuntas.

"Ketua-ketua dan sekretaris prodi harus diisi oleh orang yang sebidang ilmunya, semisal prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan harus orang dari bidang itu yang bergelar doktor," ucapnya.

Lebih jauh, kata dia, pihaknya mendorong dosen-dosennya agar mempublikasikan karya ilmiah dalam jurnal internasional dengan memberikan bonus senilai Rp15-25 juta kepada dosennya yang mempu menulis karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya ke dalam jurnal internasional terindex Scupus melalui Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

"Begitu dia terbit di jurnal internasional terindex Scupus kita bantu dia Rp 15-25 juta per tulisan melalui Lembaga Pengelola dana Pendidikan (LPDP) yang membidangi hal itu," tandasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015