Singaraja (Antara Bali) - Aparat Kepolisian Kawasan Laut Celukan Bawang, Buleleng, Bali mengintensifkan operasi cipta kondisi dilakukan setiap malam minggu hingga minggu dini hari untuk mengantisipasi aksi balapan liar termasuk mengidentifikasi kendaraan yang diduga hasil kejahatan.

"Operasi cipta kondisi (Cipkon) yang dilancarkan dengan cara membubarkan sejumlah gerombolan anak muda serta menyita beberapa motor terindikasi tidak dilengkapi surat-surat," kata Kapolsek Kawasan Laut Pelabuhan Celukan Bawang, AKP I Ketut Adnyana Tunggal Jaya, Selasa.

Ia menjelaskan, operasi Cipta Kondisi dengan pola hunting sistem sembari melakukan patroli dengan tiga unit mobil melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan hingga STNK dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Adnyana menambahkan, kegiatan cipkon setiap malam minggu juga untuk mengantisipasi terjadinya trek-trekan dan yang kedua adalah mencari tahu kendaran apakah hasil curanmor atau tidak," katanya.

"Kami akan menindak secara tegas apabila terdapat kendaraan tidak dilengkapi dengan plat kendaraan dan kami menyuruh kepada yang mengunakan kendaraan itu untuk melengkapi dulu perlengakapn kendaraan itu," papar dia.

Lebih lanjut, mantan Kasatreskrim Polres Buleleng itu menambahkan, selain di beberapa lintasan Jalan di Desa Celukan Bawang hingga Desa Pengulon, Operasi Cipta Kondisi juga menyasar lokasi pada Kawasan Pelabuhan Laut Celukan Bawang.

Dikatakan, operasi cipkon rutin dilakukan pada waktu mendatang guna memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat di daerah itu.

Selain itu, kata dia, untuk memberikan edukasi kepada generasi muda di kawasan tersebut agar tidak membuang buang waktu dengan hal hal yang tidak bermanfaat dan cenderung merugikan orang lain. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015