Denpasar (Antara Bali) - PT Nestle fokus menyukseskan tiga program tanggung jawab sosial perusahaan atau "Corporate Social Responsibility" (CSR) dalam bidang pertanian, suplai air bersih dan pembangunan desa di beberapa daerah di Indonesia.

"Ini menjadi program kami yang sudah dilakukan kepada kelompok tani dan peternak sapi yang ada di Jawa Timur, Lampung dan Sulawesi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Humas PT Nestle, Nur Shilla Cristianto, di Denpasar, Jumat.

PT Nestle yang menjadi mitra PWI Pusat dalam acara Safari Jurnalistik 2015 di Bali itu, juga memaparkan komitmennya membantu petani kopi di Lampung dengan melakukan pendampingan dan pemberian bibit agar menghasilkan panen yang berkualitas.

Kemudian, pihaknya juga memberikan bantuan bibit coklat dan bantuan CSR kepada 6.000 petani coklat di Sulawesi untuk meningkatkan hasil pertanian di daerah itu.

PT Nestle juga memiliki komitmen membantu menyediakan air bersih kepada petani kopi di Lampung dan peternak sapi di Jawa Timur. "Sudah ada enam proyek air bersih yang sudah kami lakukan ditempat itu," katanya.

Dalam pembangunan desa di beberapa daerah, kata dia, PT Nestle juga memberdayakan 27.000 peternak sapi perah di Jawa Timur secara berkelanjutan dengan membantu menyiapkan mesin pengolah limbah (kotoran) di daerah itu agar diolah menjadi bio gas, untuk didistribusikan ke rumah tangga.

"Para peternak sapi perah di daerah itu kami libatkan dalam produksi dan membeli susu sapi berkualitas untuk diolah dipabrik PT Nestle," ujarnya.

Dengan memaksimalkan program itu, ia meyakini mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi dan menambah pendapatan para pemerah sapi di daerah itu.

Selain itu, pihaknya juga memiliki komitmen menjadi sukarelawan dalam penanaman pohon, dimana sudah menanam 36.000 pohon di area Pabrik PT Nestle.

"Dalam waktu dekat juga akan melakukan penanaman 16.000 pohon disejumlah daerah di Indonesia," kata Nur Shila. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015