Langkat, Sumut (Antara Bali) - Warga Skotlandia melakukan aksi nekad dengan melakukan perjalanan keliling Pulau Sumetera yang dimulai dari Aceh dengan mengayuh becak di mana aksinya ini dilakukan untuk mengumpulkan donasi guna disumbangkan kepada empat yayasan anak Indonesia yang ada.

"Aksinya mengayuh becak ini dimaksudkan untuk mengumpulkan donasi buat disumbangkan kepada yayasan anak," kata pria warga Skotlandia Scott Thomson di Stabat, Kamis.

Scott Thomson menjelaskan dirinya sampai ke Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini setelah menempuh perjalanan panjang selama empat hari dari Banda Aceh.

"Pada hari Minggu yang lalu, dari Banda Aceh dengan mengayuh becak dayung yang direncanakan akan melewati delapan provinsi hingga tiba di Jakarta 22 hari mendatang," kata pria yang sudah menetap di Indonesia selama 12 tahun itu.

Scott yang sehari-hari direktur permesinan tambang PT Harum Energy Jakarta itu melakukan aksinya untuk mengumpulkan dana kepada empat yayasan anak Indonesia, ujarnya.

Perjalanan Scott ini menempuh jarak 2.600 kilometer selama 22 hari dan sudah sampai Kabupaten Langkat, selanjutnya singgah di Kota Binjai dan Kota Medan. Sementara itu sejumlah warga Kota Stabat, Kabupaten Langkat yang mengetahui aksinya itu ketika melintas di jalan Zainal Arifin, Jalan Sudirman langsung mengacungkan jempol dan memberikan semangat kepadanya.

Terlihat juga sejumlah warga sempat berfoto selfie dengan Scott dan mengiringi dengan bersepeda. Aksi Scott Thomson ini merupakan aksinya yang ketiga kalinya untuk mengumpulkan dana untuk donasi anak-anak Indonesia.

Pada Tahun 2010 lalu Scott berlari sepanjang 250 kilometer selama tiga hari di Gurun Sahara, dan aksi berlarinya dari Bali menuju Jakarta pada tahun 2012 sejauh 1.250 kilometer yang dilakukannya selama empat pekan.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: Imam Fauzi

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015