Negara (Antara Bali) - KPU Jembrana menggabung antara penentuan jatah kampanye untuk masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan pengundian nomor urut.

Penentuan jadwal kampanye berikut nomor urut menyambut pemilihan yang dijadwalkan 27 Desember 2010 itu, dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Jembrana di Negara, Kamis.

Dalam pengundian, pasangan I Wayan Dendra-I Ketut Sumantra (Densus) mendapat nomor urut 1, disusul pasangan I Putu Artha-I Made Kembang Hartawan (Abang) nomor 2, I Gede Ngurah Patriana Krisna-I Ketut Subanda (PAS) nomor 3 dan I Gde Made Kartikajaya-I Gusti Ngurah Cipta Negara (Jayanegara) mendapat nomor 4.

Menariknya, sebelum pasangan calon mengambil nomor undian untuk menentukan nomor urut di kertas suara, KPU terlebih dahulu mengumumkan jadwal kampanye berdasarkan nomor urut satu sampai empat.

"Jadwal kampanye ini kami sampaikan sebelum masing-masing calon mendapat nomor urut agar tidak ada tudingan KPU pilih kasih dalam menentukan jatah kampanye untuk calon. Siapapun nantinya setelah mendapat nomor urut, jatah kampanyenya seperti yang kami sampaikan ini," kata Ketua KPU Jembrana I Putu Wahyu Diantara sesaat sebelum dilakukan pengundian nomor urut.

Masa kampanye Pilkada Jembrana dimulai 10 Desember dan pasangan nomor urut satu mendapatkan kesempatan pertama. Disusul pasangan nomor urut dua, tiga dan empat masing-masing pada tanggal 12, 13 dan 14 Desember.

Masa tenggang satu hari antara kampanye pasangan nomor urut satu dengan pasangan nomor urut dua atau pada tanggal 11 Desember, KPU akan menggelar debat terbuka. Debat yang sama juga dilakukan di sela-sela masa kampanye tanggal 13 dan 19 Desember.

Setelah seluruh calon melakukan kampanye, jadwal tersebut akan kembali berputar ke nomor urut satu hingga hari kampanye terakhir,  23 Desember.

Pada masa tenang, 23 - 26 Desember, Panwaslu, KPU bersama tim kampanye masing-masing calon akan melakukan pembersihan atribut.

Wahyu berharap, pada pemungutan suara, Senin, 27 Desember, segala bentuk atribut sudah dibersihkan.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010