Tabanan (Antara Bali) - Penjabat Bupati Tabanan, Bali I Wayan Sugiada melepas sekitar 100 ekor tukik (anak penyu) spesies penyu lekang sebagai upaya meningkatkan populasi kelestarian binatang langka itu di Pantai Kelecung, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Jumat.

Pejabat Bupati I Wayan Sugiada dalam kesempatan itu didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa dan Camat setempat, Gusti Putu Ngurah Darma Utama.

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas ( Pokmaswas) Wahyu Segara Dewa Putu Sudela menjelaskan ke-100 ekor tukik yang dilepas tersebut baru berumur lima hari setelah sebelumnya melalui proses penetasan yang berhasil dilakukan selama dua bulan.

Pokmaswas memiliki anggota sebanyak 40 orang melakukan budidaya melalui dana swadaya. Pelepasan tukik tersebut diharapkan mampu meningkatkan populasi penyu di perairan laut Tabanan serta meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan kelestarian satwa langka tersebut.

Pejabat Bupati Wayan Sugiada memberikan apresiasi atas kerja keras dan upaya Pokmaswas Wahyu Segara, Desa Tegal Mengkeb yang memiliki kepedulian dan menjaga keberadaan penyu yang populasinya kini berada diambang kepunahan.

"Desa Tegalmengkeb yang berada di daerah pesisir pantai di Kabupaten Tabanan juga merupakan desa wisata, dengan menjaga kebersihan dan kelestarian pantai serta menata akses menuju ke pantai," ujarnya.(APP)

Pewarta:

Editor : Adi Purnama Putra


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015