Kuta (Antara Bali) - Kementerian Pariwisata mendukung adanya inovasi "Indonesia World of Wonder" (iWOW) yang merupakan aplikasi khusus menyajikan daya tarik akomodasi wisata guna mendongkrak pertumbuhan pariwisata Indonesia.

"Bagi kami ini adalah sebuah promosi yang membantu pencapaian pemerintah 20 juta turis mancanegara tahun 2019," kata Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Prof Dr I Gde Pitana usai meluncurkan "iWOW" di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat.

Menurut dia, inovasi tersebut merupakan promosi pariwisata yang tidak menggunakan anggaran khusus atau "zero budget" yang diharapkan bisa diaplikasikan oleh pelaku pariwisata.

Dia menyatakan bahwa inovasi itu dinilai terobosan bagi kalangan usaha kecil menengah (UKM) yang umumnya tidak memiliki dana besar.

"iWOW" merupakan aplikasi mobile hasil kolaborasi antara perusahaan lokal inTouch Innovate Indonesia dengan Markplus, perusahaan marketing yang diluncurkan pertama di Bali.

Managing Director inTouch, Hendra Kendro menyatakan bahwa aplikasi digital tersebut merupakan wadah bagi para pelaku usaha pariwisata untuk melakuka promosi.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada 115 pelaku usaha pariwisata atau "mercant" di Bali dari akomodasi pariwisata seperti industri kuliner, spa, atraksi wisata, dan pusat perbelanjaan yang bekerja sama dengan pihaknya.

Dia menjelaskan bahwa dipilihnya Pulau Dewata sebagai tempat peluncuran mengingat hampir 40 persen turis mancanegara berkunjung ke Indonesia melalui Bali.

"Ini merupakan "platform" untuk mercant pariwisata berpromosi melalui internet," katanya.

Bagi "mercant" yang telah bekerja sama dalam aplikasi itu mereka menyebarkan kupon elektronik, kartu loyalti dan poin hadiah bagi para pengguna yang merupakan turis baik domestik maupun mancanegara.

"Kelebihan lain, mercant yang ikut promosi dengan menyebarkan kupon elektronik hanya membayar bila kupon tersebut digunakan konsumen digerai mercant itu," katanya.

Berbeda dengan aplikasi wisata yang telah ada, inovasi digital itu selain menyediakan direktori, juga menyediakan layanan yang memungkinkan wisatawan menerima penawaran yang sesuai dengan profil secara otomatis dari mercant yang telah bergabung.

Notifikasi itu didapatkan setelah konsumen mengunduh laman iWOW dan melakukan registrasi pada aplikasi telepon pintar Android dan iOS. (DWA)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015