Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk tingkat provinsi itu yang akan bertugas pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70.

"Jagalah kesehatan karena kondisi yang prima akan sangat mendukung suksesnya pelaksanaan tugas, dan mantapkan semangat kebersamaan," kata Pastika saat acara pengukuhan tersebut, di Denpasar, Sabtu petang.

Menurut dia, keberhasilan menjadi anggota Paskibraka merupakan sebuah kebanggaan, karena para anggotanya harus berhasil lolos sejumlah tahapan seleksi dan menyisihkan ribuan peserta dari seluruh Bali.

Mantan Kapolda Bali itu juga menilai Paskibraka sebagai bentuk penanaman karakter cinta tanah air dan bangsa, semangat patriotik, pantang menyerah, disiplin yang tinggi, dan rela berkorban untuk membela nusa bangsa.

"Hal ini penting terutama dalam menghadapi era globalisasi dan permasalahan-permasalahan bangsa, harus diisi generasi muda yang mempunyai karakter-karakter tersebut," ujar Pastika.

Jumlah keseluruhan anggota Paskibraka Provinsi bali terdiri dari 70 orang yang berasal dari pelajar SMA dari seluruh pelosok Bali yang sebelumnya telah diseleksi secara ketat.

Tim Paskibraka ini juga dibantu 4 orang dari kesatuan TNI Angkatan Udara, Angkat Laut dan Angkatan Darat serta kepolisian selaku pengawal, serta 2 orang dari TNI Angkatan Udara selaku komandan pasukan yang bertugas bergiliran pada upacara Hari Kemerdekaan pada pagi dan sore.

Para pelajar tersebut sebelumnya sudah dikarantina selama kurang lebih sebulan mulai 28 Juli 2015. Mereka telah mendapat pelatihan-pelatihan, diantaranya pelatihan pengibar bendera sebagai tugas utama, pelatihan fisik, baris-berbaris, serta pembekalan pendidikan moral selaku siswa agar bisa menjadi siswa yang beretika.

Dua orang anggota Paskibraka Provinsi Bali yang berasal dari SMA Bali Mandara yaitu Nyoman Buda Arimbawa dan Komang Ayu Trisna Maharani dari SMA 2 Semarapura, sebelumnya sudah dikirim ke Jakarta untuk menjadi pasukan Paskibraka Nasional.

Sebagai penghargaan atas dedikasi anak-anak tersebut, menurutnya pada 19-22 Agustus 2015, anak-anak tersebut akan diajak mengunjungi provinsi Yogyakarta.

Acara pengukuhan juga dihadiri Sekda Provinsi Bali, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, Penjabat Bupati Tabanan, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bali dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemprov Bali. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015