Denpasar, (Antara Bali) - Sekretaris Partai Komunis Tiongkok, Provinsi Hainan, Luo Baoming, mengemukakan kunjungan para jurnalis Provinsi Hainan (Tiongkok) ke Bali pekan lalu, membuat Bali makin populer bukan hanya di Hainan, tetapi juga di provinsi-provinsi Tiongkok yang masih belum mengenal daerah ini.

"Pemberitaan tentang keindahan dan keunikan Bali termasuk suara hati Gubernur Bali tentang Hainan, dimuat panjang lebar di Hainan Daily yang bertiras paling besar dan membawahi enam penerbitan media lainnya," ujar Luo Baoming saat bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar, Sabtu malam.

Ia menjelaskan, banyak kutipan-kutipan pernyataan Gubernur Pastika yang sangat berkesan di hati masyarakat Hainan seperti ungkapan rasa cintanya yang tulus kepada Hainan hingga hanya bulan yang bisa mengatakannya.

Menurut dia, Hainan Daily sudah memperkenalkan keindahan pariwisata dan keramahtamahan masyarakat Bali, tetapi yang penting jauh di seberang sana yaitu di Pulau Hainan juga ada Bali.

Berbagai terobosan yang dilakukan Pastika, menurut Luo Baoming, juga dirilis media massa Hainan Daily yang sangat mendominasi tiras media massa di provinsi Hainan yang berpenduduk 9 juta jiwa dan luas wilayah hampir 35 Km persegi, atau lebih dari enam kali luas wilayah Bali yang hanya sekitar 5000 Km persegi.

Ia menyatakan, selama di Bali para jurnalis Hainan juga menyatakan kegembiraannya karena bukan hanya diajak berkeliling di objek wisata yang indah tetapi juga diberikan kesempatan menonton pertunjukan yang cukup luar biasa kesannya.

Atas semua itu, Luo Baoming mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penerimaan Gubernur Bali terhadap para jurnalis Hainan yang selama lima hari mengunjungi Bali, sekaligus mengungkapkan rasa gembiranya dapat berdiskusi dengan Gubernur Bali yang beberapa bulan lalu sudah mengunjungi Hainan.

Menanggapi hal itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika juga mengungkapkan perasaan gembiranya atas kunjungan Luo Baoming yang membawa beberapa pejabat teras di lingkungan Pemerintah Provinsi Hainan.

Gubernur juga mengungkapkan, pada Mei lalu 10 jurnalis Bali bersama rekannya dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga sudah mengunjungi Hainan yang difasilitasi Konjen RRT di Denpasar Hu Yinquan.

Rombongan 10 jurnalis Bali yang mengunjungi Hainan dipimpin I Made Tinggal Karyawan bersama Henry Soemantri, Astini Suyadi, Laurensius Molan, Ong dan beberapa rekan lainnya dari NTB dan NTT.

"Sedangkan pekan lalu sebaliknya lima rombongan jurnalis Hainan yang mengunjungi Bali, sehingga hubungan Bali dan Hainan semakin erat sebagai kesempatan yang baik untuk terus membangun hubungana persahabatan," demikian Pastika.

Delegasi Besar jurnalis Hainan Daily yang diutus ke Bali beranggotakan lima orang dipimpin Mr Weng Chaojian bersama tiga jurnalis senior Hainan Daily yaitu Hou Sai, Zhou Hualan, Mr Shan Jinggang ditambah Huang Xin, Deputy Direktur Divisi Informasi Kantor Hubungn Luar Negeri Province Hainan.

Pada kesempatan itu, Lu Baoming yang merupakan pejabat tertinggi Provinsi Hainan membawa kliping pemberitaan media Hainan tentang Bali yang sudah dikemas dengan rapi yang diserahlan langsung kepada Gubernur Made Mangku Pastika. (KUN/WDY)

Pewarta: Pewarta: I Gusti Nym Adi Purnama Putra

Editor : Adi Purnama Putra


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015