Denpasar (Antara Bali) - Duta "Jegeg" Kota Denpasar, Putu Ayu Saraswati, dan duta "Bagus" Kabupaten Gianyar, I Made Pasek Suwarbawa tampil sebagai pemenang dalam final pemilihan Jegeg Bagus Bali 2015 berlangsung di Panggung Ardha Candra, Taman Budaya Denpasar, Sabtu Malam.

"Mereka berdua berhasil menyisihkan 16 peserta lainnya dari seluruh kabupaten/kota di Pulau Dewata," kata ketua panitia Jegeg Bagus 2015 yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Gede Yuniartha Putra, Minggu.

Ia menjelaskan, pada posisi "runner up" I diraih Jegeg dan Bagus Badung yakni Ni Luh Puspita Adnyani dan AA. Gede Surya Parasurama, serta posisi "Runner Up" II diraih Jegeg Gianyar, Putu Ayu Nareswari dan Bagus Buleleng, I Made Suksma Adisetiawan Sukadana.

"Selain itu, untuk Jegeg persahabatan diraih wakil Jembrana yakni I Gusti Ayu Putu Armayanthi dan Bagus Klungkung, I Gede Wahyu Aditya Dana Iswara," imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk kategori Jegeg Bagus berbakat diraih oleh Jegeg dan Bagus Bangli yakni Anak Agung Istri Mira Adi Pramesti dan I Wayan Bagus Sastrayana serta Jegeg Bagus berpenampilan terbaik disematkan kepada Jegeg Karangasem atas nama Ni Putu Eka Agustini dan Bagus Tabanan, I Gede Made Adi Krisna.

Yuniartha Putra mengatakan, pemilihan pemuda dan pemudi terbaik di Pulau Dewata dalam bidang pariwisata dan budaya itu merupakan ajang Pemilihan Jegeg Bagus yang ke-11 sejak penyelenggaraan yang pertama kali pada 2005 silam.

Pada pagelaran tahun ini, pihaknya melibatkan tim juri handal memiliki kapabilitas di bidang budaya dan pariwisata yang sudah tidak asing lagi seperti Prof Dr I Nyoman Weda Kusuma, M S, Dr. I Nyoman Madiun, M Sc, Dr. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, MM MS, Dr. Ir. Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si, Komang Rahayu Indrawati S.Psi, M.Si, Ny. Lanang Rudiartha, dan Ni Kadek Winnie Kaori Intan Mahkota.

Lebih lanjut, Yuniartha Putra menjelaskan, kegiatan Pemilihan Jegeg Bagus diharapkan dapat meningkatkan peranan generasi muda dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata Bali.

Menurut dia, Bali sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia memiliki potensi yang sudah diakui dunia, perlu dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi muda Bali dalam mendukung pengembangan kepariwisataan yang ada.

"Generasi muda khususnya memiliki peranan yang sangat penting karena masa depan bangsa dan negara dipercayakan pada pundak mereka," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun, menyampaikan apresiasi karena kegiatan tersebut telah dapat berlangsung secara berkesinambungan.

Ia menjelaskan, di Bali, kualitas sektor pariwisata mesti dibangun melibatkan generasi muda yang berkarakter budaya dan spiritual yang kuat dan kokoh.

Bukan hanya itu saja, generasi muda sebagai penerus keberlangsungan budaya dan pariwisata diharapkan mampu mempromosikan budaya dan pariwisata Bali di tingkat nasional dan internasional.

Lebih lanjut, pihaknya berharap penyelenggaran pemilihan Jegeg Bagus Bali kedepan dapat ditingkatkan baik dari segi penyelenggaraan maupun kualitas dari peserta masing masing kabupaten seluruh Bali. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Bagus Andi

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015