Denpasar (Antara Bali) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar berbagai kegiatan dalam memeriahkan Dies Natalis XII yang melibatkan seluruh mahasiswa, dosen dan karyawan lembaga pendidikan tinggi seni tersebut.

"Kegiatan tersebut antara lain gerak jalan santai melibatkan dosen, karyawan dan mahasiswa sekaligus menjalin rasa kebersamaan antara seluruh civitas akademika," kata Rektor ISI Denpasar Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.Skar, M.Hum di Denpasar, Sabtu.

Gerak jalan santai menempuh rute di sekitar kampus itu dilanjutkan dengan berbagai lomba khusus untuk anak-anak, dosen, pegawai dan mahasiswa di lingkungan ISI Denpasar.

Diantaranya lomba untuk kategori anak-anak antara lain lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke botol. Sedangkan lomba untuk kategori dewasa yang diikuti para dosen, pegawai dan mahasiswa adalah lomba lari bakiak, pertandingan tenis meja dan badminton.

Arya Sugiartha menambahkan, kegiatan yang berlangsung selama seminggu juga menyelenggarakan lomba menyanyi lagu pop dan dangdut Solo Se-Bali.

Kegiatan lomba menyanyi tersebut awalnya antar mahasiswa ISI Denpasar, karena minat peserta yang tinggi dalam mengikuti lomba, peserta akhirnya meluas menjadi se-Bali.

Demikian pula mengadakan kegiatan "Tirta Yatra" yakni mengunjungi dan mengadakan sembahyang bersama ke Pura Puncak Petali di Kabupaten Tabanan.

"Tirta Yatra" menurut Arya Sugirtha merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan ISI Denpasar sebelum memulai berbagai rangkaian kegiatan dalam merayakan Dies Natalis.

"Melakukan perjalanan suci (Tirta Yatra) ke pura bertujuan sebagai sujud dan bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta memohon petunjuk, keselamatan agar diberi kemudahan dan kelancaran khususnya dalam pelaksanaan aca Dies Natalis ISI Denpasar pada akhir Juli nanti," harap Arya Sugiartha. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015