Gianyar (Antara Bali) - Kapolres Gianyar AKBP Heny Harsono menekankan jajarannya untuk mengutamakan keamanan di bidang kepariwisataan, karena pariwisata merupakan modal utama pergerakan ekonomi di Kabupaten Gianyar, Bali.

"Dunia kepariwisataan yang adalah penggerak ekonomi Kabupaten Gianyar, perlu mendapat upaya pengamanan yang benar-benar ekstra ketat dari aparat yang bertugas di lapangan," kata Kapolres Heny di Gianyar, Kamis.

Pada acara pisah sambut jabatan Kapolres Gianyar dari AKBP  Ahmad Nur Wakhid kepada AKBP Heny Harsono, ia menyebutkan, semenjak bertugas di Gianyar 8 Oktober lalu, pihaknya berkonsentrasi betul menjaga keamanan di sejumlah objek wisata di daerah tersebut.

"Sejumlah objek wisata sangat penting dijaga ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Ia menjelaskan, selain objek wisata, yang juga penting mendapatkan pengamanan adalah sejumlah penginapan, karena penginapan terungkap sering kemasukan para pencuri.

"Mudah-mudahan dengan sistem keamanan yang kami terapkan, pariwisata di Gianyar mendatang men jadi lebih aman dan terkendali," ucapnya.

Saat ini, lanjut Heny, khusus untuk menangani masalah keamanan di sejumlah objek wisata dan tempat penginapan, pihaknya sudah mengerahkan personel bintara pembina serta polisi pariwisata. "Kami sudah maksimalkan mereka untuk bertugas," ucapnya.

Selain dunia pariwisata, mantan Kapolres Karangasem itu menyebutkan, pihaknya juga mengantisipasi keamanana di sejumlah tempat yang rawan konflik adat. "Kami masih melakukan pendataan serta mempelajari tempat-tempat rawan konflik adat, setelah itu kami akan singkronkan dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar," ujarnya.

Terkait pengamanan itu, Heny juga meminta kepada masyarakat Gianyar untuk senantiasa ikut membantu petugas di lapangan. "Kalau polisi tanpa dibantu masyarakat, kami rasa sulit menciptakan keamanan," jelasnya.

Sementara Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang hadir dalam acara pisah kenal itu mengucapkan selamat bekerja kepada Kapolres Gianyar yang baru.

Kepada AKBP Ahmad Nur Wakhid, mantan Kapolres yang kini menjabat Inspektur Bidang Operasi pada Inspektorat dan Pengawasan Polda Bali, bupati mengucapkan terima kasih atas kerja samanya selama ini.

Ia berharap Kapolres yang baru bisa bekerja sama dengan semua kalangan untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan yang lebih mantap di Gianyar.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010