Tabanan (Antara Bali) - Kegiatan lomba memancing ikan yang menyediakan hadiah sejumlah uang mampu menarik perhatian masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan penggalian dana pemugaran Pura Kahyangan Dalem, Desa Pangkung Karung Gede, Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Wakil Bupati Tabanan Gede Sanjaya membuka lomba mancing tersebut yang ditandai dengan melepas ribuan ekor ikan lele di Telabah Subak Serongga yang berlangsung hingga sore hari, Minggu.

Kegiatan tersebut juga melibatkan anggota DPR RI I Made Urip, Camat Kerambitan Gede Sukanada, serta unsur muspika setempat.

Wabup Sanjaya memberikan apresiasi kepada warga setempat dalam melaksanakan penggalian dana guna menyukseskan pemugaran tempat suci, sekaligus membantu mewujudkan program kali bersih.

"Saya menyambut baik kegiatan positif, karena secara tidak langsung dapat mewujudkan program kali bersih," ujar Wabup Gede Sanjaya.

Dengan memanfaatkan saluran irigasi sebagai tempat lomba akan berdampak pada kebersihan saluran irigasi itu sendiri. Membersihkan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga mampu mencegah terjadinya banjir.

Wabup Gede Sanjaya menambahkan, kondisi kali yang bersih saat pelaksanaan lomba mancing diharapkan bisa tetap terjaga secara berkelanjutan.

"Kali jangan hanya bersih saat pelaksanaan lomba. Bagaimana caranya agar kali tetap bersih dan bebas dari sampah secara berkelanjutan," ujarnya.

Ia mengharapkan warga desa senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dari hal yang terkecil, seperti melalui kegiatan lomba mancing, sehingga generasi mendatang dapat menikmati keindahan alam yang dimiliki.

Panitia lomba mancing tersebut Gede Mertadana menyambut baik dukungan Pemkab Tabanan karena pesertanya mencapai 500 orang.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk penggalian dana untuk pemugaran Pura Kahyangan Dalem.(APP)

Pewarta: Pewarta : IK Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015