Tabanan (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali menyerahkan sebanyak 225 unit peralatan mesian pertanian kepada 105 kelompok tani untuk memudahkan para petani dalam berproduksi.

"Kami berharap agar bantuan ini dapat memudahkan para petani agar lebih praktis dalam pekerjaannya sehingga bisa mewujudkan sistem pertanian yang modern melalui mekanisasi alat pertanian," kata Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis, di Tabanan, Rabu.

Mesin yang diserahkan terdiri dari mesin panen padi, pemipil jagung, pengering gabah,traktor ,pompa air dan mesin penyosohan beras dengan total anggaran senilai Rp17,83 miliar

Ia menambahkan, selain peralatan pertanian, peran penyuluh tidak bisa diabaikan dalam memberikan pedampingan bagi para petani. "Untuk itu diperlukan sinergitas antara Dinas Pertanian di kabupaten dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali dalam memberikan pelatihan bagi penyuluhan bahkan studi banding ke daerah yang lebih berhasil dalam bidang pertanian," ujarnya.

Pihaknya juga berharap para petani yang mendapat bantuan alat pertanian agar menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga dapat bermanfaat untuk memberikan hasil panen yang optimal.

Hal senada juga disampaikan oleh Staf Ahli Kementrian Pertanian Bidang Inovasi dan Teknologi Dr Ir Matsyukur yang mengatakan bahwa untuk peningkatan produksi pangan perlu dilakukan lima hal yaitu perbaikan irigasi, benih yang berkualitas, pupuk, alat mesin pertanian dan penyuluhan pendampingan bagi para petani. Sehingga petani akan dapat bekerja optimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardhana dalam laporannya menyampaikan dalam pelaksanaan upaya khusus di bidang pertanian dialokasikan bantuan benih, pupuk, bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tingkat usahatani dan peralatan mesin pertanian di hampir seluruh 1.556 subak yang tersebar di seluruh Bali.

Acara penyerahan bantuan ini kemudian dilanjutkan dengan pembekalan teknis dan penjelasan pendayagunaan peralatan dan mesin pertanian kepada 105 ketua kelompok tani. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015