Tabanan (Antara Bali) - Objek Wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, pada musim liburan ini ramai dikunjungi wisatawan mancanegara yang hendak menikmati panorama matahari terbenan dan keindahan pura Tanah Lot berdiri kokoh di atas tebing batu terpisahkan dari daratan.

Manajer Operasional objek wisata Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, di Tabanan, Senin, mengakui total wisatawan mancanegara yang mengunjungi objek wisata itu 115.090 orang sejak 1 hingga 28 Juni 2015, sedangkan wisatawan domestik mencapai 112.729 orang.

"Saat ini kunjungan wisatawan mancanegara masih mendominasi datang ke Tanah Lot, meski wisatawan domestik juga terbilang cukup ramai dari berbagai daerah di Indonesia yang datang untuk menikmati pemandangan alam di Tanah Lot," ujarnya.

Ia mengatakan wisatawan mancanegara yang mengunjungi objek wisata tersebut masih didominasi oleh wisatawan Tiongkok dan Australia, sedangkan dari dari total 115.090 orang wisatawan mancanegara itu terbagi atas dewasa sebanyak 111.267 orang dan anak-anak 3.823.

Selama Juni 2014 kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Lot mencapai 111.990 orang atau mengalami kenaikan 2,6 persen dari bulan Juni 2015 bila dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan, kunjungan wisatawan domestik ke Tanah Lot sebanyak 112.729 orang atau turun 60 persen dari bulan Juni 2015, dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.

Menurut dia, penurunan kunjungan wisatawan domestik dibandingkan dengan wisatawan mancanegara disebabkan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

"Walaupun terjadi penurunan kunjungan wisatawan domestik tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara yang terus mengalami peningkatan setiap harinya," ujarnya.

Untuk menjaga keamanan para pengunjung yang menikmati objek wisata itu, pihaknya melibatkan puluhan pecalang, satpam dan enam personil "lifeguard" untuk memantau kondisi pengunjung Tanah Lot yang terus berjubel demi keamanan dan keselamatannya.

"Upaya tersebut diharapkan dapat terus menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Lot sehingga pengunjung terpuaskan saat menikmati panorama keindahan alam di tempat ini," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015