Denpasar (Antara Bali) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tabanan, Bali berupaya bisa menjaring atlet-atlet unggulan mulai dari pedesaan untuk selanjutnya dibina hingga berprestasi.

"Kami akan menjaring atlet usia muda di desa-desa melalui pekan olahraga pedesaan (Pordes) secara berkelanjutan," kata Ketua KONI Tabanan, Komang Putra Sanjaya di depan rapat anggota KONI setempat, Minggu.

Para atlet juara Pordes kemudian dijaring kembali melalui kegiatan serupa di tingkat kecamatan yakni Porcam, selanjutnya di tingkat kabupaten (Porkab) dan dari sinilah dipilih atlet unggulan untuk maju ke Porprov.

Putra Sanjaya mengatakan, pembinaan atlet unggulan hasil penjaringan tadi melalui sekolah-sekolah baik di tingkat menengah pertama maupun tingkat atas, sehingga akan mampu menghasilkan atlet berprestasi.

Pembinaan berjenjang ini harus dilakukan untuk mendapatkan atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga yang ada, tambah Sanjaya yang menjabat Ketua KONI Tabanan sejak sebulan lalu untuk periode 2010-2014.

Tabanan yang dijuluki sebagai lumbung berasnya Bali, diakui sangat minim atlet berprestasi di Bali, terbukati Porprov tahun lalu hanya berada di peringkat delapan dari sembilan kabupaten/kota di Bali.

Untuk bisa memperbaiki peringkat yang lebih baik itulah KONI Tabanan berupaya bisa menjaring atlet mulai dari desa, tambah Putra Sanjaya, pria yang saat ini dipercaya menjadi Wakil Bupati Tabanan.

Sanjaya mengatakan, KONI yang dipimpinnya bisa menyusun program yang mampu dilaksanakan dengan baik termasuk menjaring atlet dari desa, akan merasa bangga memiliki atlet berprestasi yang muncul dari daerah sendiri.

Para pelatih dari cabang olahraga harus punya kebanggaan bisa membina atlet sejak dini dan mampu memberikan hasil maksimal yakni menyembahkan medali emas dalam kejuaraan baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Kita harus bangga bisa membina atlet sejak awal hingga menghasilkan prestasi yang dapat membawa nama baik daerah maupun negara di kancah olahraga, apalagi bertaraf dunia," demikian Sanjaya bersemangat.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010