Solo (Antara Bali) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka yang segera melepas masa lajangnya agar bisa lebih mandiri.

Pesan itu disampaikan dalam Bahasa Jawa oleh Jokowi kepada Gibran dalam acara sungkeman yang dilakukan setelah prosesi siraman di kediamannya di Jalan Kutai Utara Sumber, Solo, Rabu pagi.

"Saya hanya pesan kepada anak saya waktu proses 'ndulang' atau menyuap terakhir bahwa setelah ini dia harus sudah bisa makan sendiri, bisa mandiri. Pesan itu saya sampaikan ke Gibran," kata Jokowi kepada wartawan di kediamannya.

Ia menceritakan suasana pada sepanjang prosesi dari mulai pasang bleketepe, siraman, sungkeman, ndulang, semuanya berjalan dengan lancar dan khidmat.

Untuk siraman dilakukan oleh kerabat keluarga Jokowi di antaranya Setiawan Prasetyo, Widodo Prasetyo, Harry Haryanto, FX. Hadi Rudyatmo, Ahmad Purnomo, Idong Setyo Husodo, Raharjo Dwi Atmojo, dan yang terakhir Joko Widodo dan Iriana sendiri.

Jokowi dan Iriana bersama Gibran menyempatkan menjumpai wartawan dan mengaku seluruh keluarga bahagia dengan pernikahan tersebut. "Kita semua bahagia bisa melepas anak untuk 100 persen mandiri, bertanggung jawab kepada istri dan anak nantinya," katanya.

Jokowi juga menyampaikan kepada putra sulungnya agar berhati-hati karena sebentar lagi akan menempuh hidup baru dengan tanggung jawab yang semakin besar terhadap istri dan anak kelak. "Saya sampaikan untuk selalu bekerja keras dan ibadah jangan lupa," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh Hanni Sofia Soepardi

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015