Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar akan meluncurkan Maskot pemilihan kepala daerah yang diselenggarakan pada Rabu (3/6) dan selanjutnya mengelilingi kawasan perkotaan.

"Peluncuran tersebut akan digelar dan dirangkai pawai mengitari sebagian pusat keramaian Kota Denpasar, dan kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian," kata Ketua KPUD Kota Denpasar Gede Jhon Darmawan di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan kirab tersebut akan melewati beberapa jalur keramaian. Tujuannya, untuk memberitahukan kepada masyarakat, dan mengenalkan kepada masyarakat bahwa pada 9 Desember mendatang diselenggarakan pilkada serentak di enam kabupaten dan kota di Bali.

Menurut dia, selama ini upaya sosialisasi terus dilakukan KPUD Kota Denpasar tentang Pilkada, sehingga masyarakat mengetahui pelaksanaan pemilihan kepala daerah tersebut.

"Kami gencar sosialisasi, karena hasil survei menunjukkan, hampir 65 persen masyarakat Kota Denpasar belum mengetahui ada pilkada serentak 9 Desember 2015. Padahal berbagai sosialisasi lewat media, seminar, turun ke banjar-banjar sesuai dengan kemampuan KPUD Kota sudah dilakukan. Namun saat kirab itu tetap dilakukan secara besar, untuk menyampaikan dengan terbuka bahwa Pilkada Kota Denpasar digelar 9 Desember mendatang," ujarnya.

Ia mengatakan dalam kirab tersebut, panitia mengatur untuk melewati beberapa jalur utama atau jalur ramai di beberapa ruas jalan Kota Denpasar. Tujuannya agar publik tahu dan kemudian diharapkan saling memberitahukan kepada keluarga, lingkungan sekitarnya bahwa segera diselenggarakan pilkada.

John Darmawan lebih lanjut mengatakan tersebut nantinyadimulai pukul 16.00 Wita hingga pukul 17.00 waktu setempat. Dalam pawai tersebut dipandu oleh mobil vooreider kepolisian disusul replika maskot Pilkada Kota Denpasar yang kemas dan dihias dalam mobil pick up.

Kemudian disusul dengan truk gamelan baleganjur, 20 dokar hias bernafaskan budaya serta enam mobil KPUD Kota Denpasar yang akan terus mengumumkan berbagai hal kepada publik tentang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Denpasar.

Kirab berangkat dari depan Lapangan Puputan Badung dan akan berakhir (finish) di depan Patung Catur Muka Kota Denpasar atau depan Kantor Wali Kota Denpasar.

Acara akan diawali dengan penyerahan DP4 oleh Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra kepada KPUD Kota Denpasar.

Selanjutnya akan diumumkan pemenang lomba maskot Pilkada Kota Denpasar yang sudah disayembarakan secara terbuka sebelumnya.

Setelah pengumuman pemenang lomba cipta maskot Pilkada Kota Denpasar, akan diluncurkan "jingle-jingle" Pilkada Kota Denpasar yang melibatkan artis Nano Biru. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015