Jakarta (Antara Bali) - Kesehatan tubuh salah satunya ditunjang melalui tercukupinya asupan zat gizi dalam makanan harian Anda. Asupan serat misalnya.

Spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Ciptomangkusumo, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, menyarankan, konsumsi serat harian idealnya 14 gram per 1000 kalori. "Dalam sehari, per 1000 kalori, kita harus makan 14 gram serat," ujar Inge di Jakarta, Selasa.

Serat di antaranya dapat ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan. Selain serat, vitamin dan mineral juga terkandung dalam dua jenis makanan itu.

"Vitamin, mineral dan serat, ada di buah dan sayuran. Idealnya kita harus mengonsumsi enam porsi buah dan tiga porsi sayur per harinya," katanya.

Selain serat, lanjutnya, tubuh juga membutuhkan zat gizi lain seperti karbohidrat, lemak dan protein.

Inge mengatakan, cara tercukupinya zat gizi sebenarnya cukup sederhana, yakni bagaimana kita mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan, menjaga keseimbangan komposisi zat gizi, mengolahnya secara sehat dan mematuhi waktu makan. "Terkadang, kita tidak dapat mengonsumsi makanan secara sehat, padahal tubuh menuntur makanan yang optimal untuk dapat mempertahankan kesehatan," kata dia. (WDY)

Pewarta: Oleh Lia Wanadriani Santosa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015