Jakarta (Antara Bali) - Sembilan menteri kabinet kerja, dua gubernur dan dua bupati meluncurkan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 ditandai dengan pemukulan secara bersama-sama alat musik tradisional 'Gimba' dari Sulawesi Tengah, di Mal Epiwalk Hotel Epicentrum Jakarta, Selasa.

Kesembilan menteri tersebut adalah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menkopolhukam, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Kominfo, Menteri Ristek dan Dikti, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Perindustrian, Menteri Pembinaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi, Menpora, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Bupati Parigi Moutong Sulteng Samsurizal tombolotutu dan Bupati Boalemo Gorontalo Rum Pagau.

Acara yang berlangsung meriah dan dipadati sekitar 1.000 warga ini juga dihadiri Kapolri, sejumlah duta besar negara sahabat, dan para anggota DPR dan DPD RI dari Sulawesi Tengah dan Gorontalo serta 16 kepala daerah dari kabupaten/kota yang terletak di Teluk Tomini, meliputi provinsi Sulteng dan Gorontalo.

Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Dedi H. Sutisna mengemukakan, sudah enam kali Sail Indonesia digelar, namun peluncuran Sail Tomini 2015 inilah yang paling meriah dan dihadiri sembilan menteri kabinet kerja dan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang juga mantan Kapolda Sulteng.

Usai memberikan sambutan, Menko PMK Puan Maharani, Menteri KP Susi Pudjiastuti dan Mennkominfo Rudiantara meluncurkan website Sail Tomini 2015 dengan nama akun www.sailtomini2015.com. Setelah itu ketiga menteri didampingi Dirut PT Pos menandatangani sampul perangko Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015.

Di hadapan sekitar 1.000 orang yang hadir, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo memutar film promosi yang mengenalkan kekayaan bawah laut, seni dan budaya yang ada di Teluk Tomini serta menampilkan tari-tarian dan musik tradisional kedua daerah. Upacara puncak kegiatan bahari internasional ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada 19 September 2015 sedangkan Festival Boalemo digelar k10 September 2015. (WDY)

Pewarta: Oleh Rolex Malaha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015