Mexico City (Antara Bali/AFP) – Pemerintah Mexico City pada Kamis (02/04) membantah bahwa bisnis di wilayahnya mengalami kerugian akibat syuting James Bond untuk produksi film ‘007’ terbaru di pusat bersejarah itu.

Kamar dagang usaha kecil setempat, Canacope, pekan ini mengeluh bahwa penutupan jalanan menyababkan kerugian total sebesar 24,6 juta dolar AS (sekitar Rp320,4 miliar) bagi lebih dari 6.600 toko.

Namun pemerintah kota berargumen bahwa proses syuting ‘Spectre’ antara 19 Maret hingga 1 April meningkatkan jumlah pengunjung ke pusat bersejarah tersebut sebesar 53 persen, dengan tingkat hunian hotel naik 30 persen.

“Kami bisa pastikan bahwa kegiatan itu tidak berpengaruh namun meningkatkan kondisi komersial untuk bisnis di pusat ibu kota,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Para produser setuju untuk membayar 2.500 dolar AS (sekitar Rp32,6 juta) per hari kepada 255 usaha yang harus ditutup.

Itu merupakan kontroversi terbaru seputar syuting film James Bond setelah ada beberapa laporan bahwa pemerintah Meksiko meminta ada perubahan naskah untuk memastikan penjahat filmnya bukan berasal dari Meksiko sebagai ganti dari konsensi pajak senilai jutaan dolar, sebuah tuduhan yang dibantah produser.(WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015