Jakarta (Antara Bali) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi diangkat menjadi warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, yang ditandai dengan pemasangan baret Marinir dan penyematan Brevet Kehormatan Trimedia serta Brevet Anti Teror Aspek Laut.

Pemasangan baret dan penyematan brevet kehormatan itu dilakukan langsung oleh Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen TNI (Mar) A Faridz Wasingthon di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis.

Kedatangan KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dan Ibu Endah Ade Supandi disambut dengan acara tradisi, dimana KSAL naik Tank BMP-3F yang dikawal kereta Kencana Prabu Siliwangi, sembilan kuda yang ditunggangi para Komandan Kolak Pasmar dan seekor macan putih bergerak dari Jalan Cilandak KKO menuju Lapangan Apel Marinir.

Sesampai di lapangan upacara, KSAL dan Ibu Endah Ade Supandi disambut tarian tradisional Sunda Wilujeng Sumping dan penyerahan keris putih kepada KSAL dan selendang ungu kepada Ibu Endah Ade Supandi.

Tak berselang lama, material tempur memasuki lapangan dengan manuver cepat, sementara pasukan upacara memasuki lapangan dengan tabir asap dari kendaraan tempur. Sedangkan, Komandan Upacara Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang yang sehari-hari menjabat Danpasmar-1 memasuki lapangan dengan terjun payung.

Prosesi pembaretan diawali dengan masuknya empat Tank BMP-3F membentuk formasi di depan mimbar yang membawa personel Denjaka dan Taifib. Selanjutnya tiga orang penerjun 'free fall' pembawa baret dan brevet mendarat di lapangan upacara, Dankormar TNI AL menyerahkan dan memasangkan baret marinir dan menyematkan brevet kehormatan serta brevet Antiteror Aspek Laut. KSAL Laksamana TNI Ade Supandi diangkat sebagai warga kehormatan Ke-35 Korps Marinir TNI AL. (WDY)

Pewarta: Oleh Syaiful Hakim

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015