Denpasar (Antara Bali) - Masyarakat Kesiman Petilan, Kota Denpasar melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang Jalan Pantai Padangalak, Sanur, Bali dalam rangka menyambut perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1937.

"Kegiatan bersih-bersih sepanjang Jalan Pantai Padangalak akan dijadikan tempat ritual `Melasti Hari Suci Nyepi`," kata Kepala Desa Kesiman Petilan, Wayan Mariana di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan bersih-bersih tersebut dilaksanakan agar masyarakat ikutserta menjaga kebersihan lingkungan, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebersihan.

"Kegiatan ini juga untuk menyukseskan program Pemerintah Kota Denpasar yakni menciptakan Denpasar `clean and green` atau bersih dan hijau di setiap pelosok maupun wilayah perkotaan," katanya.

Ia mengatakan saat ini Wali Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra secara gencar mengkampanyekan untuk memerangi sampah. Dalam memerangi sampah dan menjaga lingkungan damai, Pemkot Denpasar memiliki slogan "BERANI" (Bersih, Aman, Nyaman dan Indah) dengan harapan masyarakat ke depannya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap arti penting kebersihan semakin meningkat.

Mariana lebih lanjut mengatakan, kegiatan bersih-bersih tersebut pihaknya telah membuat jadwal dalam setiap bulannya, yakni Minggu pertama melibatkan semua banjar (dusun). Untuk Minggu kedua melibatkan anggota PKK, dan Minggu ketiga melibatkan sekaa teruna (kelompok muda mudi). Mariana berharap dengan kerja bakti ini lingkungan Desa Kesiman Petilan lebih bersih dan menjadi contoh daerah lainnya.  (WDY/i018)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015